LMND Gowa: Jokowi-JK Sudah Melupakan Trisakti!

Puluhan aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, memanfaatkan momentum satu tahun Jokowi-JK untuk melancarkan kritik terhadap kebijakan ekonomi-politik pemerintahan saat ini.

Dalam aksi protes yang digelar, Kamis (22/10/2015), mereka menganggap Jokowi-JK sudah melupakan visi besarnya, yaitu Trisakti. Mereka juga menuding pemerintahan yang resmi berkuasa pada tanggal 20 Oktober 2014 ini sebagai kelanjutan dari rezim neoliberal di Indonesia.

“Setahun Indonesia di bawah Jokowi-JK, ekonomi Indonesia benar-benar terpuruk. Ditandai dengan melemahnya nilai tukar rupiah, defisit perdagangan, harga kebutuhan pokok meroket, dan kemiskinan yang bertambah,” kata Ketua LMND Gowa, Igaruddin Ombe, saat berorasi di perempatan jalan Andi Pettarani Makassar.

Menurut dia, keterpurukan ekonomi itu disebabkan oleh pendekatan ekonomi Jokowi-JK yang masih sangat neoliberal. Padahal, kata dia, kebijakan neoliberal terbukti hanya memiskinkan mayoritas rakyat dan merontokkan daya produktif ekonomi nasional.

“Neoliberalisme adalah sumber persoalan. Ini yang menyebabkan Indonesia tidak bisa berdaulat di bidang politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian secara budaya,” tutur dia.

Dalam aksinya, LMND Gowa mendesak Jokowi-JK untuk konsisten pada janji kampanyenya, terutama untuk memperjuangkan gagasan besar Trisakti. Sebagai bentuk komitmen awalnya, menurut mereka, Jokowi-JK berani menghapus semua Undang-Undang dan regulasi lainnya yang membuka jalan bagi agenda neoliberalisme.

Aksi massa yang digelar oleh LMND Gowa ini berjalan tertib. Kendati sempat terjadi gesekan kecil dengan aparat kepolisian yang sedang berjaga di sekitar lokasi aksi protes.

Risal Saputra

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid