Legian Menolak Reklamasi Teluk Benoa

Penolakan terhadap proyek reklamasi Teluk Benoa di Bali kian meluas. Hari ini, Minggu (13/3/2016), seribuan orang di Legian, Kuta, menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap rencana proyek tersebut.

Seribuan orang tersebut tergabung dalam Solidaritas Legian Peduli (Solid), yang merupakan gabungan dari tiga banjar adat, yaitu Banjar Adat Legian Kaja, Tengah, dan Kelod.

Untuk menyampaikan protesnya, Solidaritas Legian Peduli menggunakan pentas seni dan budaya. Mereka menampilkan tarian baleganjur dan barong di Pura Agung Desa Adat Legian.

Menurut Bendesa Adat Desa Adat Legian, I Gusti Ngurah Sudiarsa, aksi protes ini merupakan lanjutan dari putusan Paruman Agung Samuan Tiga pada 14 Pebruari 2016 lalu.

“Keputusan Paruman Agung Samuan Tiga Desa Adat Legian memutuskan Desa Adat Legian tegas menolak reklamasi Teluk Benoa. Dan meminta Perpres No. 51 Tahun 2014 segera dicabut,” ungkapnya.

Menurut dia, Legian harus mengamankan dan mewariskan Pulau Dewata beserta seni dan budayanya kepada anak cucu kelak nanti. Mereka tidak mau Pulau Dewata hancur dan konsep Tri Hita Karananya diinjak-injak oleh para investor yang rakus.

“Kita hadir bukan karena dibayar, tetapi kita datang kerena peduli terhadap alam, lingkungan dan masa depan anak cucu,” tegasnya.

Seruan agar pemerintah segera membatalkan proyek reklamasi Teluk Benoa gencar disuarakan oleh berbagai kalangan di Bali, seperti  desa adat, akademisi, mahasiswa, aktivis lingkungan, budayawan, perempuan dan lain-lain.

Sebagian besar pendapat, reklamasi teluk Benoa akan mendatangkan bencana ekologis, merusak ekosistem laut, mengubah garis pantai dan laut, merugikan nelayan dan penduduk sekitar, dan lain-lain.

Tolak Reklamasi Teluk Benoa pun bergaung di dunia maya dengan munculnya berbagai petisi online via Change.org, antara lain: Pak @Jokowi, Segera Batalkan Perpres 51 Tahun 2014. Petisi itu sudah diteken oleh 38.081 orang.

Risal Kurnia

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid