Konsolidasi TKD Jateng, KIM di Klaten Tetap Solid Bergerak

Semarang, Berdikari Online – Koalisi Indonesia Maju (KIM) Kabupaten Klaten bersama Tim Kampanye Daerah (TKD) Jateng, pada Minggu, 24/12/2023 mengadakan konsolidasi pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Gedung Haji (IPHI) Kecamatan Delanggu. Hadir sembilan partai yang tergabung dalam KIM se-kabupaten Klaten dari pengurus pimpinan daerah hingga pimpinan kecamatan. Massa berjumlah 800 orang memadati gedung dan sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga selesai yang dimeriahkan dengan hiburan dari C.R.B musik bersama artis pendukungnya.

Pada awal sambutannya,  Ketua KIM Kabupaten Klaten Yoga Hardaya, sebagai Ketua DPD Golkar Klaten mengajak seluruh pengurus, anggota tim dari koalisi partai untuk berkampanye secara damai, santun agar elektabilitas Prabowo–Gibran di Kabupaten Klaten terus merangkak naik. Juga perlunya memanfaatkan beragam ruang-ruang di media sosial menjadi penekanan dan perhatian dalam menjalankan strategi taktik untuk meraih simpati warga Klaten, terutama generasi mudanya.

Konsolidasi TKD juga dihadiri Ketua-Ketua Partai yang bergabung dalam KIM seperti Partai golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, PSI, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora, Partai Prima dan Partai Garuda. Masing-masing ketua partai koalisi memberikan orasi politiknya dan slogan-slogan dalam menggelorakan massa yang hadir di gedung IPHI untuk menangkan Prabowo-Gibran satu putaran. Mereka juga mendapatkan pengarahan dari Koordinator Kampanye TKD Prabowo-Gibran Jawa Tengah, Yudi Indras Wiendarto.

TKD Jateng menekankan arti pentingnya solid dan penguatan seluruh bagian di Koalisi Indonesia Maju.

“Berdasarkan beberapa survey keunggulan pasangan calon nomor urut 02 menjadikan sebuah momentum untuk terus bergerak dan solid membangun visi ke basis bawah, sebagai penguatan dan bentuk pendidikan politik akar rumput,” ujar Yudi Indras Wiendarto, dalam orasinya.

Melansir beberapa lembaga survei menunjukkan Kota Solo merupakan asal Gibran, Pak Jokowi, sebagai salah satu kota di Jateng yang polling kondisi paslon 02 sangat bagus.

“Tetapi kita tetap harus solid menangkan target prosentase agar sesuai harapan. Realitas ini dapat kita jadikan sebagai momentum dan pembanding untuk terus memassifkan pergerakan daerah lain Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Klaten,” lanjut Yudi. Menurut Yudi, elektabilitas Prabowo-Gibran yang  terus menaik juga  tidak lepas dari keberadaan Jokowi effect. “Inilah pentingnya kita memahami kondisi daerah yang menjadi basis massa Jokowi,” tambah Yudi  dalam orasi tersebut.

Di samping itu, Ketua KIM, Kabupaten Klaten, Yoga Hardaya juga mengatakan bahwa konsolidasi KIM Klaten menujukkan semakin solidnya kerja-kerja dalam koalisi untuk tetap memenangkan Prabowo Gibran dalam Pilpres kali ini.

“KIM Klaten akan tetap optimis suara Prabwo-Gibran dapat terus merangkak naik secara tajam. Meskipun demikian KIM Klaten jangan sampai lengah dan terus harus bergerak ke akar rumput,” ucap Yoga Hardaya.

“Durasi rentangan waktu pada masa kampanye Pilpres kali ini masih saja bisa ditemukan para buzzer atau si lebah pendengung dalam konten media sosial melakukan kampanye yang mempolitisir sosok-figur Capres-Cawapres tertentu; menjadi bagian dari black campaign,” tambah Yoga.

Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto dalam kesempatan yang sama mengatakan perlunya menyikapi hal tersebut.

“Kita tidak harus ikut arus untuk berkampanye dengan mendeskreditkan pasangan Capres-Cawapres lain. Kita mengutamakan kampanye santun, beradab dalam mempropagandakan visi dan misi meski melalui media sosial, sesuai arahan Tim Kampanye Nasional dan Pak Pabowo,” pesan Hariyanto.

Arahan TKD Jateng pun juga menekankan makna pentingnya solid dan kekukuhan di seluruh bagian partai koalisi. Konsolidasi ini dilakukan dalam rangka penguatan ini, memaksimalkan kerja-kerja para pengurus parpol masing masing partai KIM se-kabupaten Klaten, ikut serta mengajak seluruh eleman masyarakat Klaten untuk tetap santun, beradab dan damai dalam menggunakan aplikasi di media sosial selama musim kampanye dan tahun politik sekarang ini.

 

 (Noufal Riri Hananta)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid