Ketua DPW LPKSM GML Provinsi Lampung, Gerakkan Ekonomi Gotong Royong

Bandar Lampung, Berdikari Online – Ahmad Muslimin, S.E. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Gema Masyarakat Lokal (DPW LPKSM GML) Provinsi Lampung telah menghadiri konsolidasi Dewan Pimpinan Pusat Gema Masyarakat Lokal (DPP GML) Indonesia dan menghadiri pelantikan Ketua DPW GML Provinsi Maluku Utara di Kalianda – Lampung Selatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPP GML Indonesia Rijal Anwar pada 31 Desember 2023 jelang malam Tahun Baru 2024.

Ahmad muslimin,S.E. Ketua DPW LPKSM GML Provinsi Lampung pada 2/1/2024 pun menggalang kekuatan pemuda untuk gerakan ekonomi gotong royong yang menjadi juga ekonomi kearifan lokal.

Setelah dilaksanakan edukasi para pemuda dari Kota Bandar Lampung, sepakat bergotong-royong mengumpulkan dana sebagai penyertaan modal membuka usaha pusat pencucian pakaian, sepatu, ambal, bedcover, mukena tempat ibadah di Kota Bandar Lampung dengan mereka beri brand “BANTU LAUNDRY”.

Kemudian langsung bergerak membuka Central BANTU LAUNDRY yang lokasinya berada di Jl. Pandawa Raya, Kelurahan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.
Juga membuka cabang BANTU LAUNDRY sebagai outlet BANTU Laundry di JL.Raflesia, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar, Provinsi Lampung.

Tarif cuci gosok pakaian di BANTU LAUNDRY Rp.6.000/kg. Untuk tarif pencucian ambal, bedcover, sepatu ada tarif sendiri. Untuk pencucian mukena tempat tempat ibadah “GRATIS”.

Sebagai service untuk konsumen, BANTU LAUNDRY menyiapkan kendaraan antar jemput “GRATIS” pakaian kotor milik konsumen. Dalam penyediaan fasilitas antar jemput gratis, BANTU LAUNDRY kerjasama dengan Koordinator wilayah WOLIO Transportasi online Provinsi Lampung.

BANTU LAUNDRY juga kerjasama dengan Koordinator Wilayah “BJ LINK” pusat transaksi digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi online secara digital dalam hal membeli pulsa, kuota internet, token listrik.
BJ LINK di BANTU LAUNDRY masyarakat juga dapat melakukan pembayaran rekening listrik bulanan, Angsuran kendaraan bermotor., serta melakukan top up dana dan transaksi digital lainnya.

Hadirnya BANTU LAUNDRY dengan modal gotong-royong para pemuda telah menyerap angkatan kerja di Kota Bandar Lampung.

Ke depannya BANTU LAUNDRY akan jadi franchise dengan modal gotong-royong masyarakat baik kerjasama perorangan dan kelompok, maupun kerjasama keluarga dan antar keluarga.
Dengan 2 skema yakni skema otoritas dengan memberikan penyertaan modal berupa tempat usaha minimal ukuran 2M X 2M dan Uang tunai berdasarkan kebutuhan modal mendirikan outlet BANTU Laundry yang diberikan kepada Central BANTU Laundry dan skema joint venture dengan penyertaan modal berupa tempat minimal 2M X 2M dan tunai yang telah di plot besarnya yang diberikan kepada Central BANTU Laundry.

Kemudian dalam skema otoritas dan joint venture, Central BANTU LAUNDRY akan siapkan spanduk, rak, meja, kursi, timbangan, wadah timbangan, fasilitas antar jemput gratis, mini bill printer, Karyawan pengelola outlet BANTU LAUNDRY dan Aplikasi BJ LINK.

(Am)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid