Kantor Pertanahan Lombok Timur Dukung Redistribusi TORA

Mataram, Berdikari Online – Pengurus Serikat Tani Nelayan (STN) Kabupaten Lombok Timur menindak-lanjuti hasil hearing dengan Kementerian ATR/BPN RI di Kantor Kantah Kabupaten Lombok Timur yang difasilitasi langsung oleh Kepala Kantah Lotim: Suarte, didampingi sekretarisnya: Salman, Rabu (16/08/2023).

“Kantor Pertanahan Kabupaten Lombok Timur mendukung redistribusi, TORA, untuk masyarakat dan mengapresiasi perjuangan masyarakat, tinggal menunggu surat dari Kementerian ATR/BPN RI sesuai amanat Permen 18 Thn 2021; HGU yang masa aktifnya berakhir, kembali menjadi tanah negara,” terang Suarte, Kepala Kantah.

“Secara formal tidak ada sengketa dengan PT. Tanjung Kenanga karena HGU PT Tanjung Kenanga sudah berakhir pada 2013,” terang Tamrin, Ketua STN Lotim juga pada Berdikari Online.

Ia pun menjelaskan investasi yang sudah ada di areal HGU No 3, STN dan anggota petani, di lapangan, tidak pernah mempersoalkan tapi lahan yang digarap masyarakat tidak boleh diganggu.

Menurutnya juga, hasil pembicaraan dengan pihak Direktur Land Reform Kementerian ATR/BPN RI, jika sudah tidak ada sengketa atau clear, tinggal ditindak-lanjut sebagaimana dijelaskan Dadat selaku Direktur Land Reform pada forum hearing, Senin ( 7/8/2023) lalu.

“Kami bersama masyarakat merespon ucapan Direktur Land Reform Kementerian ATR/BPN RI, dengan melakukan IP4T bersama masyarakat dengan menunjukkan langsung dokumen hasil IP4T kepada Kantah Kabupaten Lotim,” terang Tamrin.

“Progres perjuangan masyakarat sudah tidak ada masalah, baik secara formal maupun fakta di lapangan. Dan di akhir sesi diskusi, kami secara simbolis menyerahkan surat Permohonan pelaksanaan IP4T bersama Kantah Lotim” tambah Tamrin.

(Irfan)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid