Inilah Negara-Negara yang Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Rakyatnya

Sudah hampir setahun dunia berjibaku dengan pandemi covid-19. Hingga Senin (14/12), virus ini sudah membunuh 1,6 juta orang di seluruh dunia.

Di beberapa negara Eropa, gelombang kedua virus ini masih mengganas. Bahkan sejumlah negara terpaksa kembali memberlakukan lockdown, seperti Perancis, Jerman, Austria, Portugal, dan Spanyol.

Sementara di Indonesia, gelombang pertama saja belum usai. Padahal, virus ini sudah menginfeksi 623 ribu orang dan membunuh 18.956 jiawa diantaranya.

Di tengah kemurungan dunia menghadapi covid-19, terbit sebuah kabar baik: vaksin covid-19 sudah tersedia. Awal Desember lalu, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui Pfizer-BioNTech dan mulai melakukan vaksinasi.

Indonesia sendiri sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin buatan perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac. Kemungkinan, kalau tak ada aral melintang, Indonesia akan melakukan vaksinasi awal pada Februari 2021.

Nah, soal distribusi vaksin ini, kebijakan berbagai negara memang berbeda. Ada negara yang menggratiskan vaksin untuk rakyatnya. Ada juga negara yang menggratiskan sebagian dan sebagian lainnya harus membayar (vaksinasi mandiri). Dan ada negara yang benar-benar menyerahkan urusan distribusi vaksin ini lewat mekanisme pasar.

Berikut ini sejumlah Negara yang sudah mengumumkan akan mendistribusikan vaksin secara gratis kepada seluruh rakyatnya.

#1- JEPANG

Awal Desember lalu, Jepang mengumumkan akan membagikan vaksin secara gratis kepada 126 juta rakyatnya. Kebijakan itu dikuatkah lewat Undang-Undang yang disahkan tanggal 2 Desember 2020[1].

Untuk kebutuhan itu, Jepang akan membeli vaksin dari  Pfizer, AstraZeneca dan Moderna.

#2- PERANCIS

Pemerintah Perancis juga sudah mengumumkan akan menggratiskan vaksin untuk seluruh rakyatnya.

“Vaksin akan digratiskan untuk semua,” kata Perdana Menteri Perancis,  Jean Castex, Rabu (3/12).

Pemberian vaksin akan berlangsung dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama akan dibagikan pada 1 juta orang yang paling rentan. Gelombang kedua akan dilakukan pada Februari 2021.

#3- KANADA

Tiga hari lalu, pemerintah Kanada juga mengumumkan akan membagikan vaksin Pfizer-BioNTech secara gratis kepada seluruh rakyatnya.

“Saya mengumumkan bahwa pemerintah federal akan menanggung penuh biaya vaksin ini,” kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Kamis (10/12).

#4- Amerika Serikat

Presiden terpilih Amerika Serikat dalam pemilu November lalu, Joe Biden, berjanji akan menggratiskan vaksin covid-19 kepada seluruh rakyatnya.

“Begitu vaksin sudah tersedia dan disetujui, Kemala Harris (Wapres) dan saya akan memastikan itu terbagi-bagi secara adil, efisien dan gratis bagi setiap orang Amerika,” tulis Biden di akun twitternya[2].

Sementara itu, melalui sebuah video yang diunggah di twitter, Presiden Donald Trump bilang, dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan akan dibagikan bagi semua orang Amerika.

“Vaksin ini akan menyelamatkan jutaan nyawa dan akan segera mengakhiri pandemi ini untuk kita semua,” katanya di video itu.

#5- SINGAPURA

Hari Senin (14/12) lalu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan bahwa vaksin covid-19 akan dibagikan secara gratis bagi seluruh rakyat Singapura[3].

Untuk tahap awal, vaksin akan diberikan pada kelompok yang paling rentan, yaitu petugas kesehatan, lansia, dan mereka yang punya penyakit bawaan.

“Setelah itu, komite secara progressif akan memvaksinasi seluruh penduduk sisanya. Dan semua orang sudah tervaksinasi pada akhir tahun (2021),” katanya.

#6- SAUDI ARABIA

Untuk memastikan 70 persen rakyatnya bisa terjangkau vaksinasi hingga akhir 2021, pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa pembagian vaksin covid-19 akan dilakukan gratis.

Vaksin gratis itu bukan hanya untuk warga negara Arab Saudi, tetapi juga para pendatang yang bekerja atau tinggal di negara kaya minyak itu[4].

Sebelumnya, pada 23 November 2020, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menyatakan bahwa pembagian vaksin akan dilakukan gratis.

“Vaksin covid-19 akan tersedia untuk semua orang di Saudi Arabia secara gratis. Kami berharap punya cukup vaksin untuk bisa menjangkau 70 persen penduduk negeri ini hingga akhir 2021,” demikian dikutip saluran TV Al-Ekhbariya dari sumber pemerintah.

#7- NORWEGIA

Norwegia, negeri Nordik di semenanjung Skandinavia, telah mengumumkan akan menggratiskan vaksin covid-19 untuk seluruh rakyatnya[5].

“Kami ingin sebanyak-banyaknya orang dijangkau oleh vaksin yang aman dan efektif ini. Itu sebabnya vaksin akan digratiskan,” kata Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg.

Dengan kebijakan itu, seluruh rakyat Norwegia bisa terjangkau oleh vaksinasi hingga akhir 2021.

#8- INDIA

India, negeri yang mengalami problem over-populasi seperti Indonesia, juga sudah mengumumkan akan menggratiskan vaksin covid-19 bagi rakyatnya.

“Perdana Menteri sudah memperjelas sedari awal, bahwa vaksin akan dibagikan gratis ke seluruh negeri. Anggarannya sudah dipersiapkan,” kata Menteri Peternakan dan UMKM India, Pratap Sarangi, seperti dikutip The Times of India[6].

Dilansir oleh India Today pada Minggu (13/12) lalu, pemerintah India tengah melakukan langkah-langkah persiapan untuk vaksinasi massal.

Sementara itu, di Kerala, sebuah Negara bagian yang diperintah oleh kiri sosialis, vaksin covid-19 juga akan dibagi-bagikan secara gratis bagi warganya.

“Tidak seorang pun warga pun yang diperbolehkan merogoh kocek untuk vaksin ini. Ini pendirian pemerintah,” kata pejabat Menteri Kerala, Pinarayi Vijayan.

#9- MESIR

Pemerintah Mesir juga sudah berjanji akan menggratiskan vaksin covid-19 untuk rakyatnya. Kabarnya, Mesir akan menggunakan vaksin hasil produksi Tiongkok, Sinopharm, yang tingkat kemajurannya sudah mencapai 86 persen.

Pengiriman gelombang pertama vaksin itu sudah tiba di Mesir sejak 11 Desember lalu. Untuk tahap awal, vaksin akan diproritaskan kepada petugas kesehatan dan masyarakat rentan.

#10- PORTUGAL

Portugal, salah satu negara paling terdampak pandemi di Eropa, sudah mengumumkan akan menggratiskan vaksin covid-19 bagi rakyatnya.

Proses vaksinasi di Portugal akan berlangsung bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi akan berlangsung pada bulan depan dan menarget 10 persen dari populasi.

Vaksin pertama akan diprioritaskan untuk warga usia di atas 50 tahun. Selanjutnya tenaga kesehatan di garis depan, lalu petugas keamanan, dan selanjutnya pekerja rumah tangga.

—-

Negara lain yang menggratiskan vaksin covid-19 adalah Bahrain, Belgia, dan Maroko.

Raymond Samuel


[1] https://japantoday.com/category/national/japan-gov’t-oks-bill-to-offer-free-coronavirus-vaccines

[2] https://dailypost.ng/2020/12/04/covid-19-vaccine-will-be-free-for-americans-joe-biden/

[3] https://www.straitstimes.com/singapore/health/covid-19-vaccines-will-be-free-for-sporeans-vaccination-recommended-but-voluntary

[4] https://www.arabnews.com/node/1767271/saudi-arabia

[5] https://www.thelocal.no/20201013/norway-to-make-coronavirus-vaccine-free-for-everyone

[6] https://timesofindia.indiatimes.com/india/covid-vaccine-will-be-free-for-all-minister/articleshow/78882811.cms

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid