Gandeng Freeport sebagai Sponsor, Art Jog 2016 Menuai Protes

Bursa seni rupa di Yogyakarta, Art Jog 2016, yang menggandeng PT Freeport Indonesia sebagai sponsornya, menuai protes dari kalangan seniman, aktivis, dan masyarakat luas.

Salah satunya Forum Solidaritas Yogyakarta Damai. Forum yang beranggotakan sejumlah organisasi gerakan sosial itu mendesak panitia Art|Jog 2016 untuk meminta maaf publik.

“Panitia ART|JOG 2016 harus menyampaikan permintaan maaf karena telah mencederai nilai perjuangan kemanusiaan rakyat Indonesia umumnya dan rakyat Papua khususnya,” kata juru bicara Forum Solidaritas Yogyakarta Damai, Ade Tanesia Pandjaitan, melalui siaran pers, Sabtu, (11/62016).

Menurut Ade, pekerja seni Indonesia dalam praktik keseniannya harus terus bekerja demi kemanusiaan. Masalahnya, PT Freeport Indonesia memiliki catatan yang terlalu buruk dalam kejahatan kemanusiaan di Papua.

“Keterlibatan PT Freeport Indonesia dalam kegiatan kesenian, sekalipun hanya untuk pasar seni rupa, bertentangan dengan prinsip dasar kemanusiaan yang adil dan beradab,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan, setiap pekerja seni harus berkontribusi dalam kehidupan berkebudayaan berdasarkan akal sehat kemanusiaan. Karena itu, pekerja seni harus memilih dan memilah dengan jelas siapa saja yang boleh menyokong pendanaan keseniannya.

“Kami menggugat segenap pemangku kepentingan kebudayaan atas tidak adanya sikap politik kebudayaan di Indonesia yang meninggikan nilai kemanusiaan yang berkeadilan di atas nilai lainnya,” tegasnya.

Menurut dia, kejahatan terhadap kemanusiaan dan penjarahan sumber daya alam yang dilakukan PT Freeport Indonesia harus dikecam dan dituntut oleh segenap rakyat Indonesia, termasuk pekerja seni.

“Kita semua harus mendorong kemampuan pekerja seni dan posisi strategisnya dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat,” imbunya.

Ditulis oleh Tempo.co, Art Jog 2016 menerima dana sponsor dari PT Freeport Indonesia sebesar Rp 100 juta. Panitia penyelenggara mengaku pihaknya menerima dana dari Freeport itu karena putus asa pemerintah tidak mendukung kegiatan tahunan ini.

Selain Freeport, Art Jog 2016 juga disponsori oleh Bank Mandiri.

Mahesa Danu

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid