Diduga Korupsi, EW LMND Laporkan Kades Penyabungan

Jambi, Berdikari Online – “Seharusnya pembangunan Desa itu berjalan dengan transparan dan penyelenggaraan dana yang tertuang dalam UU Desa sejak tahun 2015 terbuka dengan perangkat Desa dan Masyarakat Desa,“ ujar Bona Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Jambi kepada Berdikari Online, Selasa, (2/7/2024) usai melaporkan dugaan korupsi Kades Penyabungan kepada Kejaksaan Tinggi Provinsi Jambi.

“Selama ini, Pemerintahan Desa yang diharapkan bebas dari korupsi seperti pepatah ‘Jauh Panggang dari Api.’ Maraknya praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di Desa tentu membuat Pembangunan Fisik Desa, dan Pembangunan Sumber Daya Manusia di Desa menjadi lambat bahkan macet,” tambah Bona.

Bona pun menunjukkan fakta yang terjadi di Desa Penyabungan Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bona menduga banyak Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme seperti:

  1. Kepala Desa maupun aparatur Pemerintahan Desa tidak terbuka tentang informasi kegiatan Dana Desa.
  2. BPD dan anggota BPD diduga tidak menjalankan fungsinya dalam kegiatan Pengawasan terhadap pekerjaan pembangunan di Desa Penyabungan terbukti dengan Oknum Kepala Desa tidak menyerahkan Dokumen Pengerjaan kepada BPD.
  3. Kepala Desa Tidak membentuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) sesuai dengan prosedur dan tata cara yang diatur dalam Peraturan Menteri terkait namun di dalam pengelolaannya langsung di kerjakan oleh Kades.
  4. Bendahara Desa tidak difungsikan sebagaimana seharusnya, dan pengelolaan keuangan diambil-alih oleh Kades.

“Adapun fakta di lapangan, pembangunan desa yang tidak sesuai dengan RAB dan tidak transparan yaitu, Anggaran tahun 2022 pembangunan Lapangan sepakbola, anggaran tahun 2023 pembangunan Lapangan Volley, anggaran tahun 2022 pembangunan jalan baru, anggaran tahun 2023 pembangunan Tribun sepakbola, anggaran 2024 pembangunan lanjutan Tribun sepakbola,” jelas Bona. “Melalui investigasi kami, kerugian atas beberapa pembangunan ini yang tidak sesuai dengan spesifikasi mengakibatkan kerugian Miliaran Rupiah.”

Bona selaku Ketua Eksekutif Wilayah LMND Jambi mengharapkan Kejaksaan Tinggi Provinsi Jambi agar segera mengusut tuntas dugaan Kasus Korupsi di Desa Penyabungan Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
“Agar terwujudnya desa mandiri, maju dan sejahtera,” kata Bona.

(Jul)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid