Wikileaks: AS Mengekspor Terorisme

Washington: Sebuah memo CIA yang dipublikasikan di website Wikileaks menyebutkan apa yang terjadi jika secara internasional mengetahui bahwa AS mengekspor teroris.

Dokumen rahasia tiga halaman yang diberi judul “bagaimana jika orang luar mengetahui AS sebagai pengekspor teroris?” dan bertanggal 2 Februari tahun ini, menyatakan bahwa fenomena ekspor teroris bukan fenomena baru di Washington.

Memo itu juga mengatakan bahwa hal itu tidak hanya berhubungan dengan kelompok atau individu Muslim dari Timur Tengah, Afrika, atau kelompok etnis di Asia selatan.

Dilaporkan pula, disiapkannya sebuah divisi khusus oleh CIA yang disebut “red cell”, dan daftar sejumlah kasus ekspor teroris oleh Amerika Serikat.

Ini termasuk serangan oleh individu yang berbasis di Amerika Serikat atau yang didanai oleh pihak ketiga untuk melakukan kejahatan.

Posisi ini bertentangan dengan proklamasi perang melawan terorisme, yang diprakarsai oleh Presiden G. W Bush setelah serangan terhadap menara kembar pada 11 September 2001.

Dokumen ini menunjukkan standar ganda Gedung Putih pada masalah ini dan, seperti dipublikasikan, dapat menyebabkan pemerintah asing untuk menghindari bekerja sama dengan Washington dalam hal ini.

Pada tanggal 25 Juli lalu, Wikileaks mempublikasikan sedikitnya 76.000 dokumen yang diklarifikasi rahasia dan menjelaskan rencana Pentagon atas perang di Afghanistan, berjanji untuk merilis lebih dari 15.000 dokumen lain yang terkait dengan perang hari ini. (Prensa Latina/Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut