STR Tantang Menhut Zulkifli Hasan Turun Langsung Ke Pulau Padang

Pernyataan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Riau Pos saat menghadiri Forum Pemred Forum Pemred JPNN, Kamis (28/7), mendapat respon dari Komite Pimpinan Daerah Serikat Tani Riau (KPD-STR) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepada wartawan Riau Pos, Zulkifli Hasan mengatakan meminta Pemda setempat untuk memberikan data dan laporan tertulis terkait konflik perusahaan dan masyarakat di Pulau Padang, Kepulauan Meranti.

‘’Saya minta data resmi dari bupati, apakah yang menolak HTI itu masyarakat tempatan atau tidak. Kalau iya maka Kemenhut akan mengurus penyelesaiannya. Kalau perusahaan nanti tidak mau ikut, maka bisa saja akan dicabut,’’ ujar Zulkifli Hasan.

Terhadap pernyataan tersebut, Ketua KPD STR Kepulauan Meranti, Muhammad Riduan, menantang langsung Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan untuk turun langsung ke lapangan dan melihat kenyataan yang sebenarnya.

“Jangan hanya meminta pemerintah daerah untuk memberikan data dan laporan tertulis terkait konflik perusahaan dan masyarakat di Pulau Padang. Lebih baik Menteri Kehutanan Ir Zulkifli Hasan ketemu langsung dengan masyarakat Pulau Padang dan melihat langsung kondisi yang sebenarnya,” kata Riduan.

Hal itu menjadi sikap STR dan rakyat Pulau Padang, kata Riduan, karena hampir semua pejabat di Kabupaten Kepulauan Meranti telah menghianati rakyatnya. “Mereka sudah kami berikan mosi tidak percaya melalui cap jempol darah. Rakyat sudah tidak mempercayai mereka,” lanjut Ridwan.

Riduan juga menceritakan bagaimana Kadishutbun Kabupaten Kepulauan Meranti, Ir. Makmun Murod, bersama dengan Drs. Ichwani selaku Asisten I Setkab Kepulauan Meranti, telah menyelewengkan tim investigasi yang dibentuk untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Dia (Makmud Murod dan Ichwani) mengubah tim investigasi menjadi tim pengawalan operasional PT. RAPP. Ini merupakan penghianatan terhadap sebuah komitmen yang telah dibangun bersama,” kata aktivis petani yang juga anggota Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini.

STR berjanji akan menyiapkan panggung dan mengumpulkan ribuan rakyat Meranti seandainya Menteri Kehutanan benar-benar punya komitmen untuk bertemu dengan rakyat Pulau Padang dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut