PRD Siap Mewarnai Pemilu 2019

Partai Rakyat Demokratik (PRD) berharap bisa memberikan warna progressif dalam politik Indonesia kedepan. Untuk itu, partai berlambang bintang gerigi ini siap berkontestasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Apapun yang terjadi, dengan berbagai metode dan taktik yang ada, PRD akan berusaha ikut serta dalam Pemilu 2019,” kata Ketua PRD Jawa Timur, Hermawan, saat memberikan pidato sambutan di acara seremoni HUT PRD ke-20, di Surabaya, Jumat (22/7/2016).

Menurut Hermawan, usia 20 tahun adalah masa yang tepat bagi PRD untuk terlibat dalam kancah perpolitikan nasional. Selain itu, sambung Hermawan, keputusan Kongres PRD ke-8 tahun 2015 lalu ditegaskan bahwa PRD akan ambil bagian dalam Pemilu 2019.

“Kongres ke-8 tegas mengharuskan PRD, dengan berbagai pilihan strategi-taktik sesuai kondisi yang dihadapi, untuk ikut serta dalam pemilu 2019 mendatang,” katanya.

Selain itu, pemilu 2019 akan menjadi ajang bagi PRD untuk menyebarluaskan gagasan-gagasan besarnya. Salah satunya, gagasan Republik Indonesia Keempat yang ditelurkan oleh Kongres ke-8.

“Istilah Republik satu hingga empat itu periodeisasi kekuasaan. Republik satu itu era Sukarno, kedua era Orde Baru, ketiga era neoliberal (sejak Habibie hingga sekarang), dan Republik Indonesia Keempat itu yang kita perjuangkan, yakni tatanan kenegaraan yang dicita-citakan pendiri bangsa, yaitu masyarakat adil dan makmur,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, mantan Ketua PRD Jatim di tahun 1999, Mohamad Soleh, menganjurkan PRD segera memunculkan tokoh-tokoh partai agar menjadi figur baru dalam politik Indonesia. Disamping, kata dia, kerja membangun dan mengungatkan organisasi tidak ditinggalkan.

PRD dibentuk melalui Kongres yang pertama tanggal 15 April 1996 di Sleman, Yogyakarta. Sementara tanggal 22 Juli 1996, yang diperingati sebagai HUT PRD, adalah momen deklarasi PRD secara terbuka di hadapan rakyat.

Acara seremoni peringatan HUT PRD di Jatim dihadiri oleh ratusan kader perwakilan kota/kabupaten se Jawa Timur. Juga dihadiri oleh mantan kader dan pimpinan PRD di periode sebelumnya.

Hendri Kurniawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags: