Podemos Diunggulkan Di Pemilu Spanyol

Partai kiri Spanyol Podemos, yang baru-baru ini membuat koalisi kiri bernama “Unidos Podemos” (bersama kita bisa), diperkirakan akan meraih dukungan signifikan dalam Pemilu Spanyol tanggal 26 Juni mendatang.

Menurut jajak pendapat Metroscopia, Unidos Podemos akan meraih dukungan sebesar 25,6 persen. Perolehan itu membuat Unidos Podemos menggeser kedudukan Partai Sosialis (PSOE) di posisi kedua.

Sementara Partai Konservatif (PP) berada di urutan pertama dengan perolehan suara 28,5 persen. Sebelumnya, di pemilu Desember 2015, PP mendapat suara 45,0 persen.

Kemudian PSOE menempati urutan ketiga dengan perolehan suara 20,2 persen. Di pemilu sebelumnya, PSOE di urutan kedua dengan suara 28,8 persen.

Menurut Metroscopia, koalisi Unidos Podemos, yang terdiri dari Podemos, Izquierda Unida (persatuan kiri) dan Equo (hijau), akan merebut 93 kursi. Di pemilu lalu, Podemos hanya berhasil mendapat 69 kursi.

Lebih lanjut, menurut Metroscopia, peningkatan dukungan terhadap aliansi Unidos Podemos merupakan reaksi pemilih atas kebijakan penghematan yang diterapkan Spanyol sekarang dan disokong oleh PP dan PSOE.

Kebijakan tersebut mendorong pemotongan belanja sosial, pensiun dan upah. Juga perombakan pasar tenaga kerja dan kebijakan pritavisasi lainnya.

Sejak tahun 2008, Spanyol dihantam krisis ekonomi. Pengangguran sekarang mencapai 21,9 persen dan 47 persen untuk usia pemuda. Sementara kemiskinan telah meningkat dari 10,4 juta orang pada tahun 2007 menjadi 13,4 juta orang pada 2014.

Situasi itu mendorong kemarahan rakyat. Inilah yang melahirkan gerakan Indignados dan M-15, yang berhasil memobilisasi jutaan rakyat Spanyol turun ke jalan. Belakangan, gerakan protes inilah yang bertranspormasi menjadi kekuatan politik bernama Podemis di tahun 2014.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut