Posko Menangkan Pancasila Jawa Timur Tuntut Turunkan Harga Kebutuhan Pokok

Lebih dari 150-an orang yang tergabung dalam Posko Menangkan Pancasila Jawa Timur menggelar aksi massa di depan kantor Gubernur Jawa Timur, Selasa (23/01/2018).

Posko yang dimotori oleh Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini menyoroti kenaikan harga kebutuhan pokok, khususnya beras dan energi, yang semakin sulit diakses oleh rakyat.

“Kenaikan harga kebutuhan pokok hari ini akibat penyerahan tata-niaga urusan pangan kepada mekanisme pasar,” ucap Ketua PRD Jawa Timur, Hermawan.

Menurut dia, tata-niaga pangan saat ini menciptakan rantai pasokan yang panjang dan menjadi ruang bagi para pemburu rente untuk mengeruk keuntungan. Akibatnya, kendati terjadi kenaikan harga pangan, harga jual yang dinikmati petani tidak membaik.

Dia juga menyoroti pencabutan subsisidi beberapa kebutuhan pokok, seperti BBM, listrik dan gas elpiji, yang mengarah pada harga keekonomian pasar.

“Harga-harga semakin naik, tetapi daya beli rakyat justru menurun. Ada 40 persen lapisan terbawah masyarakat Indonesia yang mengalami penurunan daya beli,” ungkapnya.

Dalam aksi tersebut, Posko Menangkan Pancasila juga mempertanyakan kebijakan pemerintah melakukan impor beras di saat petani dalam negeri akan melakukan panen raya pada Febuari 2018 mendatang.

“Impor beras bukan solusi untuk menekan harga di pasar, malah menghancurkan harga jual petani dalam Negeri yang sebentar lagi panen raya,” paparnya.

Seharusnya, kata dia, pemerintah mengoreksi tata-niaga beras yang condong pada mekanisme pasar, melalui intervensi negara pada proses distribusi dan penentuan harga pangan.

Menjelang tengah hari, sekitar pukul 12.00 WITA, lima perwakilan Posko Menangkan Pancasila dipanggil masuk ke kantor Gubernur untuk berdialog dengan perwakilan pemerintah Provinsi.

Dalam dialog tersebut, Posko Menangkan Pancasila mendesak Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengambil langkah konkret untuk mengatasi lonjakan kenaikan harga kebutuhan pokok di wilayah Jawa Timur.

Hendraven Saragih

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid