PMII Sukses Gelar Pelantikan & Pembukaan PKL Se-Sulawesi

Manado, Berdikari Online.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Manado menggelar acara bersejarah pada hari Sabtu, (16/09), dengan sukses menyelenggarakan pelantikan pengurus baru dan pembukaan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) se-Sulawesi. Acara ini dihadiri seluruh anggota PMII Cabang Manado, Banom-Banom PWNU Sulawesi Utara, Serta Organisasi Cipayung Plus dan OKP yang ada di Kota Manado.

Acara pelantikan diadakan dengan khidmat di Aula Dahlia Hotel Aston dengan tema “Pembela Bangsa, Penegak Agama: Konsolidasi Organisasi; Membangun Kesadaran Teologis, Wujudkan Cita-cita Gerakan. PMII Cabang Manado telah menjalani proses seleksi yang ketat untuk memilih pengurus yang berkompeten dan berkomitmen. Pelantikan pengurus baru ini menandai awal dari periode baru dalam kepemimpinan PMII Cabang Manado. Dalam suasana yang penuh semangat, para pengurus baru yang terpilih ber-ikrar untuk memimpin organisasi ini dengan integritas dan tekad untuk mewujudkan cita-cita besar gerakan ini.

Selain pelantikan, PMII Cabang Manado juga memulai Pelatihan Kader Lanjut (PKL). PKL ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan kader PMII dalam berbagai bidang, termasuk kepemimpinan, organisasi, dan pengabdian masyarakat. Peserta PKL berasal dari berbagai Cabang PMII di Sulawesi dan akan mendapatkan pembelajaran intensif dari para ahli dan praktisi di bidang masing-masing.

Ketua PMII Cabang Manado, Riswan Muhammad, dalam Sambutannya mengatakan: “Saya, dan seluruh kader PMII Cabang Manado, mengakui dan mewarisi berbagai paradigma perjuangan yang telah membentuk perjalanan panjang organisasi ini. Dari pemahaman awal yang menempatkan negara sebagai musuh hingga paradigma kritis transformatif yang memandang pentingnya kekuatan politik elektoral maupun nasional yang melayani kepentingan rakyat.
Saya meyakini bahwa saatnya untuk merebut negara dari oligarki politik, memperjuangkan demokrasi yang kuat, dan menjaga negara ini bersih dari korupsi serta pengaruh kelompok tertentu. Sebagai warga pergerakan, tugas kami adalah berada di garda terdepan dalam menjaga integritas negara ini.”

Riswan Muhammad menambahkan bahwa persoalan konflik internal di tubuh PMII Cabang Manado yang saat ini terjadi, kurang lebih 7 tahun konflik ini belum terselesaikan, berharap dengan kehadiran PB PMII di Kota Manado dalam acara pelantikan PMII Se-Sulawesi Utara dapat menyelesaikan konflik ini.

“Saya juga ingin menegaskan bahwa PMII Manado adalah satu-satunya cabang yang sah di wilayah ini, dan konflik internal harus segera diselesaikan oleh PB PMII. Penggunaan atribut PMII secara tidak sah harus dihentikan, dan itu merupakan kejahatan politik organisasi karena ini merugikan kader dan anggota PMII serta mengorbankan idealisme pergerakan ini,” kata Cak Ris, sapaan akrab ketua PMII Manado ini

Sementara itu Hamdi Umanailo selaku Ketua PB PMII Bidang Ketenagakerjaan, dalam sambutannya mengucapkan selamat berkhidmat kepada Pengurus Cabang PMII Manado 2023-2024.

“Ucapan selamat dari saya kepada PC PMII Manado yang baru saja dilantik. Ini bukan akhir, ini awal dari sahabat-sahabat berkhidmat sebagai PC PMII Manado. Saya berharap sahabat-sahabat tetap berkomitmen dalam meningkatkan pemahaman teologis seluruh kader dan anggota PMII Cabang Manado mulai dari tingkatan Rayon sampai Komisariat,” ucap Hamdi

Selain itu Hamdi juga menanggapi soal konflik internal yang saat ini terjadi di tubuh PMII Cabang Manado. Ia menegaskan bahwa tidak ada dualisme di tubuh PMII dan di setiap rapat pleno BPH PB PMII tidak pernah membahas adanya PMII Metro ataupun Raya yang di bahas hanyalah cabang-cabang yang tidak bertentangan dengan AD/ART PMII.

“Saya menegaskan persoalan konflik internal di tingkatan cabang, dalam rapat pleno, BPH PB PMII tidak pernah membahas adanya PMII tandingan di tingkatan cabang. Yang kami bahas hanyalah cabang-cabang yang tidak bertentangan dengan aturan organisasi seperti PMII Cabang Manado. Menurut saya, kelompok-kelompok yang mengatasnamakan PMII merupakan sebuah pembodohan terhadap mahasiswa-mahasiswa baru,” tutup Hamdi.

Acara pelantikan dan PKL ini menjadi momentum penting bagi PMII Cabang Manado untuk membentuk pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dan berintegritas. Diharapkan, mereka akan mampu berkontribusi dalam mewujudkan perubahan positif dalam masyarakat dan bangsa.

(Alvian)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid