Petani Venezuela Berlawan, Pertahankan UU Agraria

Ribuan petani di Venezuela mempersiapkan aksi hari ini (4/1) untuk mempertahankan Undang-Undang Agraria yang berlaku sejak 2001. Aksi ini sebagai tanggapan atas pernyataan salah seorang anggota Majelis Nasional dari kubu sayap kanan yang mengatakan bahwa UU tersebut perlu direformasi atau dihapuskan sama sekali.

Undang-Undang Agraria merupakan salah satu Undang-Undang yang menandai perubahan radikal di Venezuela saat kepemimpinan Hugo Chavez Frias.  Undang-undang ini mengakhiri konsentrasi kepemilikan tanah di tangan beberapa gelintir orang serta mengembalikannya kepada petani dan pekerja pertanian.

Sejak dalam kampanye menjelang pemilihan parlamen 6 Desember 2015 lalu partai oposisi sayap kanan yang dikenal dengan nama MUD telah berkomitmen untuk meninggalkan capaian-capaian sosial dari Revolusi Bolivarian. Di antaranya parlamen yang telah dikuasai oleh sayap kanan ini berencana untuk mengubah produk perundang-undangan progresif di bidang perburuhan dan komunikasi.

Menurut Greg Wilpert, pendiri situs Venezuela Analysis, reformasi agraria di Venezuela telah menguntungkan secara langsung satu juta petani negeri itu. Selain itu  kemiskinan telah berkurang dan secara lebih umum reformasi agraria telah memberdayakan petani miskin. Produksi pertanian Venezuela juga mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya rata-rata konsumsi kalori rakyat Venezuela sebesar 44% antara tahun 1998 dan 2011.

Salah seorang pimpinan petani Venezuela mengatakan bahwa penghapusan UU tersebut akan menjadi serangan bagi petani. Undang-Undang ini, antara lain, telah mengatur distribusi lahan yang tidak produktif kepada petani selain melarang konsentrasi kepemilikan di tangan segelintir orang. Lahan-lahan yang telah diambilalih dengan berpayungkan pada undang-undang tersebut sekarang telah menjadi lahan produktif.

Mendiang Presiden Hugo Chavez pernah mengatakan bahwa pertanian merupakan hal yang suci atau keramat, ia adalah sumber makanan bagi keluarga Venezuela. Langkah radikal dengan mengeluarkan Undang-Undang ini merupakan salah satu alasan terjadinya percobaan kudeta terhadap Chavez tahun 2002.

teleSUR/Venezuela Analysis

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid