PBB: 65,3 Juta Orang di Dunia Terpaksa Mengungsi

Badan urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) melaporkan, jumlah pengungsi di dunia saat ini berada di angka tertinggi dalam sejarah. Bahkan, jumlah tersebut melebih jumlah pengungsi saat Perang Dunia ke-II.

Menurut UNHCR, jumlah pengungsi di tahun 2015 lebih dari 65,3 juta jiwa. Artinya, 1 dari 113 orang di muka bumi ini jadi pengungsi. Jumlah itu naik 5,8 juta orang dibanding tahun sebelumnya atau naik 50 persen dalam lima tahun terakhir.

Jika dilihat lebih dalam lagi, rata-rata 24 orang mengungsi setiap menit setiap hari sejak tahun lalu—34 ribu orang per hari—atau naik dari enam orang untuk setiap menit pada 2005. Pengungsian global meningkat kira-kira dua kali lipat sejak 1997 dan meningkat 50 persen sejak 2011 ketika perang mulai mengguncang Suriah.

“Ini adalah pertama kalinya, jumlah pengungsi melampaui 60 juta jiwa,” tulis laporan tersebut bertepatan dengan Hari Pengungsi Sedunia, Senin (20/6/2016).

Sebagian besar pengungsi itu berasal dari negara-negara yang sedang dikoyak konflik bersenjata, seperti Suriah, Afghanistan, Sudan Selatan, Burundi, dan Somalia. Jumlahnya mencapai 21,3 juta orang, termasuk anak-anak.

Lebih menyedihkan lagi, hampir 100 ribu anak-anak yang mengungsi tanpa pendamping atau terpisah dengan orang tua mereka. Jumlah itu naik tiga kali dibanding tahun 2014.

“Kita perlu tindakan, tindakan politik, untuk menghentikan konflik,” kata Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, mengomentari soal konflik yang telah memicu gelombang pengungsi ke berbagai belahan dunia, termasuk Eropa.

Grandi menegaskan, sebagaimana jumlah orang yang mengungsi karena konflik dan penganiayaan terus meningkat, sentimen politik anti-migran juga ikut melahirkan gagasan segera memukimkan para pengungsi.

“Kesediaan negara-negara bekerja sama seharusnya tidak hanya untuk pengungsi, tapi juga untuk kepentingan kolektif manusia yang sedang diuji saat ini,” ucapnya.

Raymond Samuel

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid