LMND UMI Makassar Tuntut Nasionalisasi Freeport

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) komisariat Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Selasa (15/12/2015), menggelar aksi massa di bawah Jembatan Layang Urip Sumoharjo Makassar.

Dalam aksi tersebut, mereka menuntut pemerintah Jokowi-JK segera menasionalisasi perusahaan tambang PT Freeport Indonesia. Mereka menilai, perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu sudah banyak merugikan rakyat Indonesia.

“Sejak beroperasi di Indonesia, Freeport membawa banyak kerugian bagi rakyat Indonesia, khususnya di Papua. Mulai dari kerusakan ekologis, pelanggaran HAM, konflik berkepanjangan, dan lain-lain,” ujar koordinator aksi, Diah Rumandang.

Selain itu, kata dia, kontrak Freeport juga berkali-kali berusaha menganulir hukum Indonesia. Dia mencontohkan, ketentuan UU nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara (Minerba) mewajibkan setiap perusahaan pemegang KK dan PKP2B untuk membangun smelter.

Tetapi kenyataannya, beber Diah, bukannya menjalankan ketentuan itu, Freeport malah terus melobi dan menekan pemerintah Indonesia untuk melonggarkan ketentuan itu.

“Ini jelas-jelas sebuah pengingkaran terhadap hukum Indonesia. Ini menggerus kedaulatan politik negara kita,” tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, kehadiran Freeport juga tidak membawa keuntungan ekonomis. Sebab, sejak beroperasi di awal 1970-an hingga sekarang Freeport hanya membayar royalti 1 persen.

“Angka itu terlalu kecil dibanding dengan negara-negara lain yang sudah berkisar 6-7 persen ke atasm,” ungkapnya.

Karena itu, dalam orasinya aktivis LMND UMI ini mengingatkan semua pihak agar tidak terbawa arus drama “Papa Minta Saham” yang tengah bergulir di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

Pasalnya, kata mereka, ada persoalan yang lebih substansial ketimbang persoalan etik Ketua DPR Setya Novanto, yakni persoalan Freeport di Papua.

Abdul Gafur

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid