Hah, Krisis Air ancam kota Yogyakarta dan Sleman

Pakar hidrologi Universitas Gajah Mada (UGM), Prof Setyawan Purnama, memperkirakan ada 50 persen kawasan di kota Yogyakarta dan Sleman yang terancam krisis air.

Menurut dia, laju penurunan permukaan air tanah di kedua daerah tersebut terus meningkat setiap tahun akibat tingginya kebutuhan air, sementara masukan air ke tanah justru semakin menurun.

“Kebutuhan air di Yogyakarta dan Sleman tinggi karena jumlah penduduk bertambah dan tingkat ekonominya naik sehingga memiliki kecenderungan penggunaan airnya tinggi,” kata guru besar Fakultas Geografi ini seperti dikutip ugm.ac.id, Kamis (1/9/2016).

Mengutip catatan Data Dinas pekerjaan Umum, Energi dan Sumberdaya Mineral DIY tahun 2011, penurunan muka air tanah di Yogyakarta mencapai 30 cm per tahun. Sementara di wilayah Sleman penurunan terjadi antara 15-30 cm tiap tahunnya.

Masalahnya, kata Setyawan, kalau masukan air ke tanah tidak lebih banyak dibanding penggunaannya, maka dikhawatirkan bisa terjadi krisis air.

“Kalau per tahunnya air tanah turun sampai 30 cm maka dalam 10 tahun bisa turun hingga 3 meter,” terangnya.

Merujuk ke data Direktorat Tata Lingkungan, Geologi, dan Kawasan Pertambangan ESDM tahun 2011, potensi atau ketersediaan air tanah dangkal di wilayah Yogyakarta-Sleman mencapai 604 juta meter kubik per tahun. Sedangkan untuk tanah dalamnya sebesar 9 juta meter kubik per tahun.

Di sisi lain, data Sensus Penduduk BPS DIY tahun 2010 menunjukkan, jumlah penduduk Sleman mencapai 1.093.110 jiwa dan Kota Yogyakarta 388.637 jiwa.

Lebih lanjut, kata Setyawan, penurunan air tanah juga terjadi akibat berkurangnya daerah resapan karena maraknya konversi lahan. Kata dia, lahan-lahan terbuka semakin sulit ditemukan karena diubah fungsinya menjadi perumahan dan bangunan komersial, seperti mall, hotel, dan apartemen.

Tidak hanya itu, sejumlah wilayah resapan utama, seperti daerah Pakem, luasannya semakin berkurang karena pertambahan jumlah penduduk.

Mahesa Danu

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid