Gubernur Lemhannas: Ketahanan Nasional Mengalami Penurunan

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Agus Widjojo mengingatkan soal bahaya yang sedang mengintai ketahanan nasional Indonesia akhir-akhir ini.

Mantan Kepala Staf Teritorial TNI itu mengingatkan, sepanjang tahun 2014-2015, indeks ketahanan nasional Indonesia mengalami penurunan, terutama di gatra ideologi.

Pada tahun 2014, indeks ketahanan di gatra ideologi masih 2,30, sedangkan di tahun 2015 menurun menjadi 2,23. Penurunan itu disinyalir akiba dampak globalisasi.

“Sebanyak 12 provinsi Indonesia mengalami pelemahan ketahanan ideologi dari tahun 2014-2015,” ujar Agus dalam acara International Conference on Nusantara Philosophy di kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (1/11/2016).

Agus mengingatkan, dari 35 Provinsi di Indonesia, hanya 5 provinsi yang berada pada klasifikasi cukup tangguh. Sementara 28 provinsi berada dalam klasifikasi kurang tangguh.

Agus juga merujuk ke survei The Fund for Peace yang menempatkan Indonesia di urutan ke-86 dari 178 negara. Situasi itu menyebabkan Indonesia dalam situasi elevated warning.

“Indonesia menyandang predikat elevated warning dan terancam akan masuk dalam kategori high warning,” terang mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI ini.

Karena itu, menurut Agus, penguatan ideologi Pancasila menjadi penting dilakukan, terutama melalui melalui penyempurnaan konsepsi yang menjangkau aspek implementasi konkret.

Dia pun mengusulkan agar penguatan ketahanan ideologi Pancasila dilakukan melalui metode penyampaian indotrinasi. Tetapi disampaikan secara luwes dan ditarik relevansinya dengan konteks kekinian.

Disamping itu, lanjut dia, pembangunan ketahanan ideologi Pancasila perlu penguatan kelembagaan, sinergi cara pandang politik, serta dukungan politik dan anggaran.

“Menjadi kepentingan kita bersama untuk memberi landasan afirmatif bagi penguatan Pancasila sebagai dasar negara dalam rangka penguatan ketahanan nasional di bidang ideologi lewat dukungan politik, kelembagaan dan anggaran,” tandasnya.

Mahesa Danu

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid