Rusia Kirim Empat Kapal Perang ke Kuba

Rusia mengkonfirmasi telah mengirim sejumlah kapal perang ke Kuba, negeri yang selama puluhan tahun dianggap duri dalam daging bagi politik luar negeri Amerika Serikat. Mengutip kantor berita Sputnik (7/6), empat kapal akan tiba di pelabuhan Havana pada tanggal 12 Juni 2024. Keempat kapal tersebut terdiri dari kapal pengawal Gorshkov, kapal selam bertenaga nuklir Kazan, kapal tanker Pashin dan kapal penyelamat tug.

Dalam keterangan resminya, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Kuba mengatakan bahwa kedatangan keempat armada Rusia tersebut tidak membawa senjata nuklir dan tidak menimbulkan ancaman bagi kawasan.

“Satu detasemen angkatan laut dari Federasi Rusia terdiri dari empat kapal akan melakukan kunjungan resmi di Pelabuhan Havana antara tanggal 12 hingga 17 Juni 2024,” kata Kementerian Luar Negeri Kuba dalam keterangannya. Menurut pemerintah Kuba, kunjungan tersebut dapat dibenarkan mengingat hubungan persahabatan yang menyejarah antara kedua negara.

Rencana kunjungan ini sempat menimbulkan kekhawatiran dan spekulasi mengingat pada masa Perang Dingin, tepatnya tahun 1962, sempat terjadi krisis rudal Kuba ketika Rusia menempatkan rudal nuklirnya di negeri Fidel Castro tersebut. Rusia melakukan itu sebagai balasan atas Amerika Serikat yang menempatkan rudal nuklirnya di Italia dan Turki yang dianggap Rusia sebagai ancaman.

Selain itu, Presiden Vladimir Putin baru-baru ini menyatakan Moskow dapat mengambil “langkah-langkah asimetris” di manapun untuk menyerang target AS dan sekutunya sebagai tanggapan terhadap pernyataan Presiden Joe Biden yang mengijinkan Ukraina untuk menggunakan senjata buatan AS untuk menyerang target di dalam perbatasan Rusia.

Grend

Foto: (AP photo/ Al-Arabiya News) 

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid