LMND Pematangsiantar Laksanakan PDO di Desa Kampung Baru Gurilla

Medan, Berdikari Online – Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi Pematangsiantar (Ek-LMND) melaksanakan Pendidikan Dasar Organisasi (PDO) yang berlokasi di Desa Kampung Baru Gurilla, Kecamatan Sitalasari pada Sabtu, (16/03/2024).

PDO kali ini mengusung tema “Mempersiapkan Angkatan Progresif Dan Mendedikasikan Diri Pada Perlawanan Rakyat Yang Berdasarkan Pancasila.” Tema ini sangat melekat dengan lokasi kegiatan. Untuk kita ketahui, 2 tahun belakangan Desa Kampung Baru ini mengalami konflik dengan PTPN III, dan LMND adalah organisasi yang tetap setia mengadvokasi masyarakat mulai dari pertama terjadi konflik hingga hari ini.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Yuda Cristafari selaku Ketua Eksekutif Kota. Dalam sambutannya, Yuda menyampaikan, “Sebagai angkatan muda yang progresif, teman-teman mahasiswa harus mau tahu dan harus juga kaya akan sebuah narasi tentang kehidupan masyarakat kaum miskin kota.”

Kegiatan pun berlanjut dengan pemberian materi oleh Torop Sihombing, Pengacara, Parluhutan Banjarnahor, dan juga tokoh masyarakat , Ferry Simarmata.

“Lebih kurang satu setengah tahun yang lalu, pertama kali LMND hadir di kampung ini dan saat itu sedang berlangsung okupasi (Penghancuran) rumah, tanaman, bahkan makam yang dilakukan oleh PTPN III. Tetapi sampai hari ini kita, LMND, masih setia di garis perjuangan ini untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat kampung ini,” ucap Yuda ketika mengenalkan sejarah LMND dengan kampung tersebut kepada peserta PDO. Hal ini disampaikan di tengah lingkaran antara masyarakat, pemuda, dan mahasiwa, sembari menghidupkan Api Unggun.

Yuda juga menyampaikan bahwa rakyat merupakan sekutu permanen mahasiswa dalam membangun perlawanan terhadap segala kebijakan yang bertentangan dengan Pancasila.

Selain itu, Ketua Forum Tani Sejahtera Indonesia (FUTASI), Tiomerly Sitinjak yang juga hadir dalam agenda tersebut, mengatakan, “Kami sangat senang atas kehadiran mahasiswa di kampung ini, karena hal ini menjadi satu kekuatan buat kami bahwa masih ada yang mau perduli dengan nasib yang sedang kami alami di tempat ini. Tetap semangat untuk adik-adik mahasiswa yang sedang berproses dalam menempuh pendidikan. Semoga kalian menjadi orang yang hebat dan pintar, supaya ketika terjadi penindasan di tengah-tengah masyarakat, kalian mampu untuk membela masyarkat melalui pengetahuan yang kalian miliki.”

“PDO sebagai ruang pertemuan antara calon anggota dan anggota yang notabene sesama mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Selama kegiatan berlangsung mereka akan saling bercerita dan merefleksi secara dialektis. Calon anggota akan didorong untuk menyampaikan pengalaman dan pengetahuannya tentang situasi dan kondisi yang dialami dan menggunakan organisasi sebagai saluran untuk mengubah keadaan bersama-sama,” kata Yuda.

“Bergabungnya kawan-kawan baru akan menambah energi kritis dalam gerak perjuangan LMND yang fokus terhadap masalah pendidikan untuk merespon bonus demografi mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045,” tambah Yuda Cristafari.

(JackPa)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid