Ketika Tuntutan Transparansi Berbalas Kekerasan

Aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Mahasiswa Lingkar Tambang, di Halmahera Utara, Maluku Utara, Selasa (7/7/2020), berujung represif.

Polisi membubarkan paksa aksi mahasiswa dengan mendorong dan memukul. Akibatnya, 12 orang mahasiswa peserta aksi mengalami luka-luka. Satu orang diantaranya, bernama Depen Botha, mengalami luka serius di kedua kakinya.

“Kawan kami, Depen Botha, aktivis LMND (Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi), mengalami luka serius pada keduanya kakinya,” kata salah satu juru bicara aksi ini, Wenpy Habari, kepada berdikarionline.com, Rabu (8/7/2020).

Selain kekerasan, seorang peserta aksi perempuan, Marline Jurubasa, juga diduga mengalami pelecehan. Marline, aktivis Aksi Perempuan Indonesia (API) Kartini yang juga koordinator lapangan aksi ini, bahkan sempat pingsan.

Wenpy menceritakan, awalnya puluhan mahasiswa ini berusaha melakukan aksi pemboikotan terhadap logistik PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di desa Beringing, Halmehera Utara.

“Kami melakukan aksi pemboikotan, karena aksi kami sehari sebelumnya tidak digubris sama sekali,” ujarnya.

Untuk diketahui, mahasiswa menuntut keterbukaan terkait dana 1 persen corporate social responsibility (CSR) PT NHM, terutama terkait bantuan pendidikan.

Masalahnya, di mata mahasiswa, pihak perusahaan dianggap tidak terbuka soal total produksi dan nominal keuntungannya per tahun. Akibatnya, besaran 1 persen yang harus dikeluarkan untuk CSR pun tak jelas.

Selain itu, mahasiswa juga mendesak penghapusan batas semester peneriman bantuan pendidikan dari program CSR perusahaan tersebut.

Lebih lanjut, mereka juga menuntut perusahaan membangun asrama mahasiswa di setiap kota studi atau kota tempat mahasiswa asal malut menuntut ilmu.

Selain isu CSR, mahasiswa juga menuntut perusahaan memenuhi hak-hak buruhnya selama pandemi.

Isu lain yang dituntut oleh mahasiswa adalah persoalan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) perusahaan yang dianggap tidak transparan.

William Koek

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid