Geliat Politik PRIMA di DKI Jakarta

Bendera Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) berkibar-kibar di pinggir sejumlah jalan utama di Ibukota Jakarta sejak Senin (25/10/2021) malam.

Setelah hampir 5 bulan berjibaku membangun struktur dan merekrut anggota, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PRIMA DKI Jakarta sudah mulai unjuk hasil kerja-kerja politik.

Kamis (28/10) mendatang, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, DPW PRIMA DKI Jakarta akan menggelar pelantikan massal pengurus tingkat kecamatan (DPKc) se-Jakarta.

“Pelantikan massal ini sebagai bentuk apresiasi atas dukungan warga Jakarta terhadap kehadiran partai kami,” ujar Ketua DPW PRIMA DKI Jakarta, Devi Lesmana, kepada berdikarionline.com, Selasa (27/8).

Tidak tanggung-tanggung, pelantikan massal pengurus tingkat kecamatan itu akan dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Selain itu, Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PRIMA Mayor Jenderal TNI (Purn) R. Gautama Wiranegara juga akan hadir dalam acara penting tersebut.

Di DKI Jakarta, PRIMA sudah hadir di 5 kota administrasi di Jakarta, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.

Selain itu, partai yang deklarasi tanggal 1 Juni 2021 ini juga sudah punya 38 struktur tingkat kecamatan (DPKc) dari 44 kecamatan di DKI Jakarta. Sekarang ini, DPW PRIMA DKI Jakarta tengah memaksimalkan perekrutan anggota.

Mulai Menggeliat

Kepengurusan DPW PRIMA DKI Jakarta resmi terbentuk setelah melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pertama pada 19 September lalu.

Dalam Muswil itu, Devi Lesmana ditunjuk menahkodai PRIMA di Ibukota. Pemuda berusia 33 tahun yang menjadi aktivis Pejuang Siliwangi ini dianggap mampu untuk membawa PRIMA meraih dukungan warga Jakarta.

Sementara jabatan Sekretaris dimandatkan kepada Nuradim. Selama ini, Nuradim dikenal sebagai aktivis yang aktif membela hak-hak kaum miskin di wilayah perkotaan lewat organisasi bernama Serikat Rakyat Mandiri Indonesia (SRMI).

Kemudian jabatan bendahara dimandatkan kepada Rahmawati. Selain sebagai pengajar Taman Kanak-Kanak (TK) di Jakarta, Rahmawati juga dikenal sebagai aktivis perempuan.

Usai Muswil, pengurus DPW PRIMA DKI Jakarta langsung mulai bekerja. Pertama sekali, pada 12 dan 13 Oktober 2021, mereka melakukan kunjungan silaturahmi ke lembaga-lembaga penyelenggara pemilu, seperti KPU dan Bawaslu.

“Kami ingin memperkenalkan kepengurusan partai kami di DKI Jakarta kepada penyelenggara pemilu,” terang Devi Lesmana.

Selain itu, melalui salah satu ormas pendukungnya, Serikat Rakyat Mandiri Indonesia (SRMI), DPW PRIMA DKI Jakarta turut memperjuangkan hak hidup yang layak bagi seluruh warga Jakarta.

SRMI aktif melakukan pendampingan pada warga Jakarta yang memperjuangkan hak-hak dasarnya, dari hak tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, dan hak dasar lainnya.

Seperti kejadian yang sempat viral minggu lalu, ketika ibu-ibu di Taman Kota, Kembangan, Jakarta Utara, memprotes pembuatan pagar yang mengancam tempat tinggal mereka.

“Aktivitas kami memang banyak melakukan pembelaan terhadap warga Jakarta yang terpinggirkan dan terabaikan hak-haknya,” ujar Nuradim, sekretaris DPW PRIMA DKI yang sebelumnya menjabat Ketua DPW SRMI DKI Jakarta.

Menurutnya, ada banyak persoalan yang dihadapi oleh warga di akar rumput, tetapi jarang tersentuh dan diperhatikan oleh partai politik.

“Partai-partai hanya peduli suara rakyat kalau pemilu. Kalau kami di PRIMA, kami justru hadir setiap hari untuk membela hak-hak rakyat,” jelasnya.

Selain advokasi, SRMI dan PRIMA DKI Jakarta juga berusaha menggerakkan koperasi untuk membangun ekonomi warga dan perpustakaan rakyat.

MAHESA DANU

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid