ECOWAS Rampungkan Rencana Intervensi Ke Niger

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) mengumumkan rencana mereka merampungkan rencana untuk melakukan intervensi militer ke Niger. Pengumuman ini disampaikan hari Rabu (16/8) kemarin menyusul rencana sebelumnya untuk memulihkan pemerintahan presiden Mohamed Bazoum yang disingkirkan junta militer.

Lewat akun X (sebelumnya Twitter) resminya, ECOWAS mengatakan “Kepala staf pertahanan dari ECOWAS akan bertemu di Accra, Ghana, untuk mempersiapkan pengiriman pasukan ke Republik Niger.” Menurut akun tersebut, pertemuan di Accra merupakan pertemuan luar biasa yang akan dilangsungkan hari ini Kamis dan Jumat (17-18/08/2023).

Pada tanggal 10 Agustus 2023 para kepala negara ECOWAS telah mengadakan pertemuan tingkat tinggi luar biasa di Abuja, Nigeria, khusus untuk merespon perkembangan politik di Niger. Pertemuan ini ditindaklanjuti dengan pertemuan kepala staf pertahanan dan merekomendasikan suatu rencana intervensi.

Sebagian pengamat meragukan keseriusan dan keberanian dari ECOWAS untuk melakukan intervensi militer di Niger sehubungan dengan kelayakan dan kesulitan yang dihadapi. Operasi militer seperti yang direncanakan ini akan membutuhkan kontribusi dari negara-negara anggota yang membutuhkan negosiasi yang lebih mendalam.

ECOWAS terdiri dari negara-negara Benin, Burkina Faso, Cabo Verde, Cote d’Ivoire, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Gissau, Liberia, Mali, Niger, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Rencana intervensi ini tampaknya dijadikan bentuk tekanan terhadap Niger untuk melakukan negosiasi. Sementara Uni Afrika telah menyatakan penolakannya untuk setiap bentuk intervensi militer. Demikian juga beberapa negara ECOWAS seperti Chad dan Guinea menyatakan keberatan atas tindakan sanksi maupun aksi militer. Kemudian Mali dan Burkina Faso bersikap lebih keras dengan mengatakan intervensi militer ke Niger akan dianggap sebagai pernyataan perang kepada negara mereka.

(Dom)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid