Demokrasi di TPS 38 Periuk Kota Tangerang

Serang, Berdikari Online – Penyelenggaraan Pemilu, juga Pemilihan Presiden 2024 dikhawatirkan sebagian pihak berjalan curang dan tidak adil sehingga bisa menjauh dari nilai-nilai demokratis. Bagaimana sebenarnya potret nyata berjalannya Pemilihan Umum atau Pesta Demokrasi ini di akar rumput ? Apakah betul Pemilu 2024 akan dipenuhi kecurangan  dan  tidak bisa berjalan demokratis?

Berdikari Online, Rabu, 14 Februari 2024, mencoba menjawabnya dengan memotret  salah satu kegiatan penyelenggaraan Pemilu di TPS 38, RT 001 RW 009, Villa Mutiara Pluit-Duta Lestari, Periuk, Kota Tangerang, Banten.

“Posisi TPS 38 ini  kondusif  karena secara perjalanan atau giatnya itu warga antusias untuk datang ke TPS;  untuk mencoblos salah satu kandidat,  baik itu Presiden maupun caleg-calegnya berjalan lancar dan mudah-mudahan  meminimalisir indikasi kecurangan;  sepertinya tidak ada  sampai akhir penghitungan suara, “ jelas Usep Saparudin,  Ketua RT 001 RW 009, Villa Mutiara Pluit-Duta Lestari, Periuk, Kota Tangerang, Banten ketika ditemui Berdikari Online di lokasi TPS 38 tersebut.

Sebagai Ketua RT, Usep tidak masuk dalam KPPS. Menurutnya, karena  sebagai pemangku wilayah hanya membantu pengawasan saja.  Dalam kepanitiaan memang  ada  pengurus RT yang jadi Ketua KPPS 38 yaitu Bendahara RT.   Usep Saparudin juga menepis isu kalau ada pengarahan caleg tertentu agar sebagai Ketua RT mengarahkan  pilihan warganya.

“Kami sebagai pemangku wilayah tidak ada pengarahan ke  satu calon tertentu. Kami pure. Silahkan saja  warga semua untuk memilih sesuai dengan  hati nuraninya;  tidak ada intimidasi atau pun penekanan-penekanan,” terang Usep.

Sebagian warga yang berkumpul sambil menunggu giliran mencoblos pun membenarkan keterangan Usep Saparudin tersebut.

“Penyelenggaraan Pesta Demokrasi 2024 di RT  001 RW 009, TPS 38, sudah bagus,  terorganisir dan rapi.  Tidak ada tanda-tanda indikasi kecurangan, intimidasi,  pengarahan secara personal dari caleg atau pun  pihak tertentu,” kata Oni, salah satu warga RT 001,“murni diselenggarakan dengan asas Luber,”tambahnya.

Berdikari Online sendiri  menyaksikan guyubnya warga dalam menyambut Pesta Demokrasi 2024 dengan riang gembira. Tak ada ketegangan atau kekhawatiran-kekhawatiran yang  tidak  perlu. Berdikari Online juga mendapatkan info bahwa jumlah DPT untuk TPS 38 sebanyak 250.

Sebelum meninggalkan TPS 38, Berdikari Online juga sempat menyaksikan penghitungan suara untuk Pemilihan Presiden dengan hasil: Capres-Cawapres nomor urut  1 memperoleh 42 suara, nomor urut 2 memperoleh 112 suara dan Capres-Cawapres nomor urut  3 memperoleh  43 suara. Total suara sah adalah 197;  dengan suara tidak sah berjumlah 2.

Dengan demikian Pasangan Capres –Cawapres Prabowo-Gibran alias Gemoy menang di TPS 38, RT 001 RW 009, Villa Mutiara Pluit-Duta Lestari, Periuk, Kota Tangerang, Banten.

(AJS)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid