Bagaimana Politik Mempengaruhi Kehidupan Sehari-Hari?

Minat anak muda terhadap politik masih sangat rendah. Berbagai survei menunjukkan betapa rendahnya ketertarikan anak muda terhadap isu-isu politik.

Survei Litbang Kompas tahun lalu menunjukkan, hanya 11,8 persen anak muda yang bersedia menjadi anggota partai politik, sementara 86,3 persen menyatakan tidak bersedia.

Persoalannya, banyak anak muda yang sudah terlanjur skeptis melihat politik yang identik dengan korupsi. Banyak juga yang menganggap politik tidak ada kaitannya dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Benarkah demikian?

Aktivis kebangsaan Aliza Gunado mengatakan, banyak hal dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya sangat dipengaruhi oleh kebijakan politik.

Menurutnya, politik mempengaruhi keseharian kita melalui kebijakan politik yang menyentuh tiga ranah sekaligus, yakni personal, rumah tangga, dan ruang publik.

“Dalam ranah personal, kebijakan politik datang mengatur hak-hak kita sebagai warga negara, seperti hak atas pendidikan, kesehatan, kebebasan berekspresi, dan lain sebagainya,” ujar pemuda berusia 38 tahun ini.

Di ranah rumah tangga, lanjut dia, politik hadir dalam kebijakan yang menentukan harga sembako, tarif listrik, harga gas elpiji, sewa rumah, biaya pendidikan anak, hingga besaran upah atau gaji yang diterima oleh suami/istri yang bekerja.

Sementara di ruang publik, kata Aliza, kebijakan politik hadir dalam aturan mengenai parkir, aturan berkumpul di ruang publik, dan penggunan fasilitas publik.

“Jadi, hampir semua aspek dan ruang hidup kita ternyata dipengaruhi oleh politik, entah disadari atau tidak,” jelasnya.

Karena itu, Aliza mengajak anak muda untuk mulai peduli dengan isu-isu politik, baik isu nasional, lokal, maupun komunitas atau tempat tinggalnya, serta menuju ke isu global.

“Berpartisipasi dalam memperbaiki kehidupan warga di lingkungan kita juga sebetulnya sudah dikatakan berpolitik,” tegasnya.

Belum lagi, lanjut alumnus Universitas Parahyangan Bandung ini, sebagai generasi yang melek teknologi informasi, kaum muda punya peluang besar untuk berkiprah memajukan perpolitikan Indonesia dengan kreatifitas, inovasi dan gagasan-gagasan cerdasnya.

Risal Kurnia

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid