Aksi Rakyat Honduras Dukung Presiden Xiomara Castro

Tegucigalpa, Berdikari Online – Puluhan ribu rakyat Honduras tumpah ke jalan-jalan kota Tegucigalpa untuk menyatakan dukungan kepada Presiden Xiomara Castro. Dukungan ini diberikan di tengah kekhawatiran terulangnya kudeta sebagaimana yang terjadi tahun 2009 terhadap Manuel Zelaya.

Dilaporkan Prensa Latina, massa datang dari berbagai daerah dengan mengenakan pakaian merah dan hitam, kemudian berkumpul di sekitar rumah kepresidenan. Dari sana massa melakukan long march ke halaman Kongres Nasional sembari meneriakkan slogal seperti “jangan lagi ada kudeta” dan “Xiomara tidak sendiri”.

Dalam orasinya beberapa saat sebelum aksi damai tersebut, Presiden Hunduras menyapa rakyat dan memberitahukan rencana konspirasi oleh mafia, elit kriminal terorganisir dan pedagang narkoba untuk menjatuhkan pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa kekuatan-kekuatan jahat ini tidak  menginginkan dialog ataupun konsensus, sehingga mereka melakukan tindakan anarkis dan memusuhi kebebasan berdaulat yang memilihnya.

Xiomara Castro merupakan perempuan pertama yang menjadi presiden di negeri Amerika Tengah tersebut. Xiomara adalah isteri dari mantan Presiden Manuel Zelaya yang dikudeta setelah ia bersikap mendukung revolusi Bolivarian di Venezuela dan terlibat dalam inisiatif yang dibangun Hugo Chavez.

Xiomara terlibat dalam aksi perlawanan terhadap kudeta suaminya hingga membentuk Front Perlawanan Rakyat Nasional yang merupakan koalisi dari gerakan sosial, partai politik dan organisasi akar rumput lainnya.

Dalam pencalonannya sebagai Presiden Xiomara mengkampanyekan penolakan terhadap noeliberalisme dan militerisasi. Ia mengkampanyekan pembaruan konstitusi dengan membentuk Majelis Konstituante serta pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada isu internasional, Xiomara mendukung hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan mengakhiri hubungan diplomatik Taiwan. Pada bulan Maret 2023 hubungan diplomatik Republik Honduras dan Republik Rakyat Tiongkok dipulihkan.

(Dom)

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid