Vietnam Menyusun Rencana Sepuluh Tahun Kedepan

Pemerintahan Partai Komunis Vietnam membuka kongres nasional ke-11 pada hari Rabu, sekaligus memetakan perkembangan bangsa ini untuk sepuluh tahun mendatang.

Sebanyak 1377 delegasi yang mewakili 3,6 juta anggota partai hadir untuk memperdebatkan strategi sosio-ekonomi yang dimaksudkan untuk memperkuat kepemimpinan dan semangat tempur partai guna memberi landasan bagi Vietnam untuk menjadi negara industri dasar pada tahun 2020.

Strategi ini akan mempertahankan peran menentukan sektor negara dalam pembangunan “ekonomi pasar berorientasi sosialis’ di negeri itu.

Sekjend Partai Komunis Nong Duc Manh, selama proses berlangsung, memuji perkembangan pertumbuhan ekonomi Vietnam, yang rata-rata mencapai 7,2% dalam satu dekade sebelumnya.

Tetapi Nong Duc Manh memperingatkan untuk tidak lekas puas, dan menekankan bahwa “kualitas, efisiensi, dan daya saing Vietnam masih sangat rendah”.

Namun, ia mengakui bahwa “korupsi, limbah, kejahatan sosial, dan degradasi moral dan gaya hidup tidak dapat dicegah, dan memperingatkan bahwa negeri ini harus berjuang menghadapi aksi sabotase dan provokasi kekerasan dari luar.”

Ia juga memperingatkan kepada seluruh peserta degelasi untuk memperkuat diri dari upaya musuh yang terus melakukan persekongkolan, menggunakan demokrasi dan hak azasi manusia, sebagai jalan untuk mengubah rejim politik di negeri itu.

Sementara itu, anggota politi-biro Truong Tan Sang memperingatkan anggota delegasi agar tidak berkompromi dengan korupsi yang merajalela dan mis-manajemen.

Truong juga mengeritik sejumlah anggota senior partai yang memperlihatkan contoh buruk dalam hal moral dan gaya hidup, dengan membiarkan istri, anak, dan staff-staff mereka menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags:
  • Artinya negaranya sudah punya tujuan yg jelas dan masa depan jelas yang akan mereka raih. Tidak seperti negara kita yang gak tahu arahnya kemana, ibarat kapal terombang ambing ditengah lautan, dihamtam ombak kiri kanan dan depan belakang..hahahhaaaa para penguasa hanya ingin memperkaya diri saja,.. ya akhirnya negara kita jadi begini. GBHN dianggap menghambat kerjanya APA MAUNYA BAPAK

    entah bertahan berapa lama lagi….