Venezuela Serukan Perkuat Persatuan Melawan Rencana Destabilisasi

Presiden Majelis Nasional Venezuela, Fernando Rojas, memperingatkan rakyat Venezuela bahwa program-program sosial yang diusulkan pemerintah memerlukan tindakan kolektif, meskipun terjadi perbedaan dalam gagasan.

Pernyataan ini untuk menindaklanjuti pidato Presiden Hugo Chavez beberapa hari lalu, yang menuding adanya rencana dalam kelompok tertentu oposisi Venezuela untuk melakukan destabilisasi di negeri sosialis itu.

Rencana destabilisasi itu, kata Chavez, sudah dirancang dan akan digunakan pada saat pemilu 2012 mendatang, dengan menyusun sejumlah persekongkolan untuk menuding kecurangan dalam pemilu tersebut.

Chavez telah menyerukan kepada pendukungnya untuk menangkal upaya tersebut, termasuk meminta kepada angkatan bersenjata untuk menetralisir keadaan. Chavez juga meminta kepada pihak oposisi yang “rasional” untuk menjauh dari mereka yang suka menebar intrik.

Rojas mengeritik kaum oposisi yang telah mengikuti saran Washington dan telah mengabaikan semua kemajuan dalam revolusi di Venezuela.

Pembentukan “Gerakan Polo Patriotico”, kata anggota itu, yang menyatukan partai politik dan gerakan sosial, dimaksudkan untuk memperkuat dan kelanjutan kemajuan sosial.

Rojas juga memperingatkan agar seluruh masyarakat Amerika Latin mewaspadai upaya kontra-stabilitas yang sengaja dilakukan negeri-negeri imperialis untuk menghambat konsolidasi “Komunitas Amerika Latin dan Caribia” pada bulan Juli mendatang.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut