Venezuela Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Kolombia

CARACAS: Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan pada hari kamis bahwa pihaknya terpaksa memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia karena alasan martabat bangsa, terkait tuduhan Bogota terhadap Caracaz baru-baru ini, dan menegaskan bahwa pihaknya tidak dapat menerima pelanggaran atau agresi terhadap kedaulatan nasionalnya.

“Presiden Kolombia adalah seorang mafia yang dibenci orang banyak, Saya telah menyatakan siaga tinggi di perbatasan kita, “kata Chavez di Istana Miraflores.

“Demi martabat, kami tidak memiliki pilihan kecuali memutuskan hubungan diplomatik dengan bangsa saudara, saya mengumumkan dengan air mata dalam hatiku,” katanya.

Dia mengatakan harapannya semoga tidak terjadi sesuatu lebih buruk dalam hari-hari terakhir keberadaan Alvaro Uribe di Istana Kepresidenan Casa Nariño Kolombia.

Dia menegaskan harapan bahwa pemerintah baru yang akan dilantik pada 7 Agustus, akan membantu memulihkan dialog bilateral. Dia menantang pembuktian nyata terkait tuduhan kehadiran gerilyawan Kolombia di wilayah Venezuela, seperti yang dinyatakan oleh Bogota dalam Organisasi Negara-negara Amerika.

Sebagai wujud konkret dari pemutusan hubungan ini, Menteri Luar Negeri Venezuela, Nicolas Manduro telah mengeluarkan ultimatum kepada seluruh diplomat Kolombia untuk segera angkat kaki dari negeri itu dalam hitungan 72 jam.

Ia juga telah memerintahkan seluruh diplomat Venezuela di Kolombia untuk pulang. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut