Venezuela Buat Kejutan di Copa America

Turnamen Copa America 2011 membuat kejutan besar: negara-negara dengan nama besar bertumbangan, sedangkan negara ‘kuda hitam’ mengukir prestasi sangat gemilang.

Venezuela adalah salah satunya. La Vinotinto, julukan tim nasional sepak bola Venezuela, berhasil melaju ke babak semi-final. Ini merupakan pertama-kalinya negeri Simon Bolivar ini mencapai semi-final.

Dalam pertandingan perempat final, Venezuela berhasil menjungkalkan langganan Piala Dunia Chile dengan skor 2-1. Selanjutnya, di babak semi-final, Venezuela akan berhadapan dengan Paraguay.

Di babak penyisihan grub B, Venezuela mula-mula membuat kejutan dengan menghajar Ekuador 1-0. Lalu, ketika berhadapan dengan raksasa Argentina, pasukan La Vinotinto berhasil mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang. Dan, saat pertandingan menentukan melawan Paraguay, Venezuela yang sudah tertinggal 1-3 dari lawannya bisa membuat pertandingan berakhir imbang.

Kejutan lainnya dibuat oleh tim nasional Peru. Pemenang dua kali copa america ini juga memastikan tiket untuk semi-final. Di perempat final, Peru berhasil menghentikan laju Kolombia.

Dua negara yang juga cukup mengejutkan adalah Uruguay dan Paraguay. Keduanya melaju ke semi-final setelah menumbangkan raksasa-raksasa sepak-bola dunia. Uruguay mengalahkan tuan rumah Argentina melalui adu penalti, sedangkan Paraguay menyingkirkan raksasa Brazil juga dengan adu penalti.

Kemenangan Penting

Presiden Hugo Chavez dan pemerintah Venezuela memberikan penghormatan besar kepada tim nasional Venezuela usai mengalahkan Chile di perempat final.

Hugo Chavez, yang saat ini sedang berada di Kuba, turut menyaksikan pertandingan tersebut. “Kita harus memberikan penghargaan istimewa kepada Glorious Vinotino atas sukses mereka di Argentina,” kata Chavez.

Atas nama rakyat Venezuela, pihak pemerintah Venezuela menyatakan kegembiraan atas kemenangan ini. Kemenangan ini dianggap sangat penting bagi kemajuan sepak  bola Venezuela.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut