Usai Pemilu Presiden, Rusia Dilanda Protes Besar

Hasil akhir pemilu Presiden tidak mengakhiri pertarungan politik di Rusia. Bahkan, siang tadi, dua kekuatan politik yang sedang bertarung di Rusia, partai berkuasa dan oposisi, menggelar mobilisasi secara bersamaan.

Kelompok pendukung Putin, yang baru saja memenangkan pemilu, berkumpul di lapangan Manezhnaya. Sedangkan kelompok oposisi berkumpul di lapangan Pushkin untuk memprotes hasil pemilu.

Setidaknya 14.000 pendukung oposisi yang tergabung dalam koalisi “Untuk Pemilu Adil” berkumpul di lapangan Pushkinskaya. Namun, pihak penyelenggara aksi mengklaim jumlah mereka berkisar 20.000 hingga 40.000 massa.

Pihak oposisi menuding pelaksanaan pemilu sudah dicurangi dengan berbagai cara untuk kemenangan telak Vladimir Putin. Untuk diketahui, Putin memenangkan pemilu dengan perolehan suara sangat besar, yaitu 63%.

Kandidat miliarder Mikhail Prokhorov, yang hanya mengumpulkan suara 7,8%, hadir di tengah-tengah protes oposisi. Ia mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya yang sudah berkumpul di lapangan.

Pemimpin oposisi mengklaim sekitar 100-an pendukungnya telah ditangkap. Juga ada laporan terkait penangkapan dan pemukulan terhadap sejumlah wartawan oleh Polisi dan kelompok nasionalis.

Sementara itu, di lapangan Manezhnaya, kelompok pendukung Putin menggelar pesta kemenangan. Bendera triwarna Rusia dan foto-foto Vladimir Putin hadir di tengah-tengah lautan massa.

“Kami telah menang dalam sebuah perjuangan terbuka dan adil,” kata Vladimir Putin di hadapan ratusan ribu pendukungnya di lapangan Manezhnaya sesaat setelah Putin dipastikan menang.

Tampil berbicara di hadapan pendukungnya, Putin sempat meneteskan air mata. Hal ini memicu tanggapan beragam dunia maya. Sebagian menganggap itu sebagai “air mata buaya”.

Sepulang dari lapangan Manezhnaya, Putin kembali muncul di TV untuk mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya. “Ini adalah kemenangan besar yang dibuat oleh seluruh pekerja di Rusia,” kata Putin.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut