UNICEF: Soal Perlindungan Anak, Kuba Juaranya

Prestasi Kuba di bidang pendidikan dan kesehatan terus mendapat pujian. Baru-baru ini,  Badan PBB untuk perlindungan anak-anak (UNICEF) memuji keberhasilan negeri komunis itu dalam perlindungan hak-hak anak.

“Kuba merupakan yang terdepan di dunia dalam perlindungan dan promosi hak anak,” kata Direktur Regional UNICEF untuk Amerika Latin dan Karibia, María Cristina Perceval, kepada kantor berita Kuba Prensa Latina, Minggu (12/3/2018).

María memuji keberhasilan Kuba dalam melindungi anak-anak dari penyakit, menghapus malnutrisi, ancaman kekerasan dan pendidikan usia dini.

Untuk perlindungan kesehatan, Kuba merupakan salah satu Negara di dunia dengan angka kematian bayi terendah, yakni 4,2 kematian per seribu kelahiran.

Kemudian, pada 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Kuba sebagai negara pertama di dunia yang berhasil menghapuskan penularan HIV dan Sipilis dari Ibu ke anak.

Tidak hanya itu, Kuba juga menjadi satu-satunya negara dunia ketiga yang berhasil menghapus gizi buruk. Kasus kurang berat badan (underweight) di Kuba juga terbilang sangat rendah, yakni di bawah 5 persen. Begitu juga dengan jumlah balita stunting berada di bawah 5 persen.

“Kuba memang juaranya,” kata María, seperti dikutip surat kabar resmi Partai Komunis Kuba, Granma.

Secara khusus,  María mengapresiasi sistim pendidikan usia dini Kuba yang disebut “Educa a tu hijo” (Didik anakmu!). Program yang dimulai sejak tahun 1992 ini memberi pendidikan usia dini berbasis komunitas kepada anak-anak Kuba usia 0-6 tahun.

Program ini memadukan antara pendidikan, layanan kesehatan, pemberian nutrisi, olahraga, tempat penitipan anak (day care) dan permainan kepada anak-anak.

Program ini sangat berhasil. Pada 2016, dari 855,000 anak-anak usia di bawah 6 tahun di Kuba, sebanyak 99,5 persen diantaranya berhasil mendapat pendidikan usia dini.

Menariknya, anak usia di bawah satu tahun pun dilibatkan dalam program ini. Kelompok usia ini dilayani melalui jasa penitipan anak yang dioperasikan oleh tenaga profesional dan dokter keluarga.

Disamping program Educa a tu hijo, Kuba juga program pengembangan anak usia dini (ECD), yang memberi layanan lengkap kepada setiap anak-anak dan keluarganya. Mulai dari layanan kesehatan, perlindungan, pendidikan, hingga program kesejahteraan.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut