Tom Morello Protes Lagu RATM Digunakan Komentator Rasialis

Gitaris band alternatif Rage Against The Machine (RATM), Tom Morello, tiba-tiba tersulut amarahnya. Pemicunya adalah penggunaan lagu RATM, Sleep Now in the Fire, dalam acara talk-show yang digawangi oleh  Rush Limbaugh.

Rush Limbaugh sendiri dikenal sebagai seorang pendukung sayap kanan Amerika dan sangat berpandangan rasialis. Saking marahnya, sampai-sampai Tom Morello menyebut Rush Limbaugh sebagai “Keledai Jantan”.

Ini memang sangat ganjil. Rush Limbaugh, seorang rasialis dan misoginis, menggunakan lagu dari sebuah band politis beraliran kiri. Bahkan, dalam acara show Limbaugh itu, video karya pembuat film progressif, Michael Moore, juga turut dibajak dan dipergunakan bersama lagu RATM.

“Rush Limbaugh menggunakan lagu Sleep Now in the Fire sebagai bumper acaranya hari ini,” kata Tom Morello seperti dikutip majalah Rolling Stone. “Respon kami: Hei, berhenti menggunakan musik kami untuk acara badut sayap kanan, rasis, dan misoginis anda.”

Baru-baru ini, Limbaugh membuat komentar misoginis terhadap Sandra Fluke, seorang mahasiswa hukum di Universitas Georgetown dan aktivis hak-hak perempuan. Sandra membuat komentar tentang perlunya asuransi kesehatan untuk membiayai program kontrol kelahiran.

Limbaugh mengomentari pernyataan Sandra itu dengan menyebutnya “pelacur”. Kontan saja, komentar misoginis Limbaugh itu mengundang kemarahan kaum perempuan, terutama di jejaring sosial.

Dengan kasus itu, ditambah protes Tom Morello, Limbaugh kini bukan hanya menjadi musuh kaum perempuan, tetapi sudah memperluas permusuhannya dengan kalangan musisi.

Sebelumnya, seperti dilaporkan Blabbermouth, band rock asal Kanada, Rush, juga mengirimkan surat protes kepada acara Talk Show itu. Mereka menuntut agar musik mereka tidak dimainkan dalam acara itu. Musisi Peter Gabriel dan band blus The Fabulous Thunderbirds juga menuntut musik mereka dihapus dari acara itu, kata majalah musik Rolling Stone.

Salah satu lagu The Thunderbirds, Tuff Enuff, sering muncul di acara talk-show Limbaugh. Kim Wilson, salah seorang pentolan The Thunderbirds, mengaku pesan yang disampaikan oleh talk show Limbaugh sangat berlawanan dengan dirinya.

Morello, yang baru-baru ini aktif di grup musik rock-rap Street Sweeper Social Club dan The Nightwatchman, sangat aktif dalam gerakan politik kiri. Ia mendirikan organisasi nirlaba bernama The Axis of Justice, yang mengajak seniman untuk terlibat dalam aktivisme politik. Ia aktif berkampanye memperjuangkan kaum imigran dan hak-hak kaum pekerja.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut