Tom Morello Buat Film Dokumenter Perjuangan

Diantara musisi abad 21 ini yang paling berkomitmen terhadap perjuangan rakyat adalah Tom Morello. Ia banyak berpartisipasi dalam mendukung perjuangan rakyat di berbagai negara, khususnya klas pekerja, bahkan terlibat aksi-aksi protes.

Setelah terlibat aktif dalam “Gerakan Duduki Wall Street” dan sejumlah aksi massa kaum pekerja, Tom Morello sedang mempersiapkan film dokumenter gratis berjudul “World Wide Rebel Tour”. Proyek ini selaras dengan proyek musik terbarunya, Nightwatchman, yang dilakukan di 42 negara.

World Wide Rebel Tour” akan tersedia dalam 30 bahasa. Dengan dokumenter ini, Tom Morello berharap bisa meluaskan solidaritas dengan musik. Ia sendiri baru bersolidaritas terhadap perjuangan pekerja perawat di Chicago.

Film berdurasi 30 menit ini disutradarai oleh Bobby Roth dan difilmkan oleh Hensen Studios di Los Angeles pada tahun 2011. Film ini berisi video konser live The Nightwatchman dan sejumlah wawancara dengan Tom Morello.

World Wide Rebel Tour adalah tour virtual yang mengcakup seluruh dunia,” kata Morello saat menjelaskan film dokumenternya. “Dari Malawi ke Myanmar, dari Uzbekistan ke AS, suara rakyat dan perjuangan mereka sudah masuk dalam musik saya. Ini adalah pemberontakan global,” katanya.

Film ini juga menampilkan wajah sejumlah musisi terkenal. Diantaranya adalah Serj Tankian, vokalis dari band metal alternatif System of a Down. Tankian dan Tom Morello bekerjasama dalam pendirian organisasi nirlaba, Axis of Justice. Organisasi ini bercita-cita menyatukan musisi, fans musik, dan aktivis politik di bawah payung aksi progressif dan solidaritas.

Saat ini, Tom Morello sedang terlibat dalam kampanye “Pajak Robin Hood”. Pajak tersebut akan mengalokasikan 50 sen dari setiap 100 dolar perdagangan di pasar bursa, saham, dividen dan transaksi lain keuangan yang akan digunakan dalam belanja keadilan sosial.

Selain Tom Morello, gerakan ini juga melibatkan aktor Mark Ruffalo—yang dikenal luas melalui film Avengers. “Dana ini akan berguna untuk menghentikan penyitaan rumah, pekerjaan baru, dan memperbaiki jaring pengaman sosial di AS,” kata Mark Ruffalo.

Film dokumenter ini makin menegaskan dukungan Tom Morello terhadap perjuangan massa rakyat. Sebelumnya, ia telah dikenal malang-melintang dalam perjuangan rakyat: gerakan duduki Wall Street, mendukung pekerja gitar Korea, mengadvokasi perjuangan serikat pekerja, gerakan anti sayap kanan, dan lain-lain.

Tom Morello juga berkontribusi dalam menyuburkan “musik politik”. Karena itu, ia mendapat penghargaan Sidney Hillman Foundation. Orang yang menerima penghargaan ini sebelumnya adalah Eleanor Roosevelt, Martin Luther King Jr., Sen. Edward Kennedy, Harry Belafonte, dan lain-lain.

MAHESA DANU

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut