Tiba Di Indramayu, Long-march Petani Blitar Disambut Ratusan Buruh

petani Blitar

Meski sempat diguyur hujan, ratusan petani Blitar tetap bersemangat mengayunkan kaki menuju Jakarta. Akhirnya, Jumat (25/1) malam, petani berhasil menginjakkan kaki di kota Indramayu, Jawa Barat.

Kedatangan petani Blitar ini langsung disongsong oleh ratusan anggota Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Lalu, petani berjalan bersama menuju Sekretariat KASBI Indramayu.

“Kami disambut oleh kawan-kawan KASBI Indramayu. Tak hanya mendukung perjuangan kami, tetapi juga menyiapkan kami tempat menginap di sekretariatnya,” ujar koordinator Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPM), Trianto.

Dielu-elukan oleh rakyat Cirebon

Aksi long-march petani Jambi memasuki hari ke-15 hari (25/1) ini. Tadi pagi, petani Blitar memulai aksinya dari kantor LSM Gebrak Brebes. Mereka dikawal oleh aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Menjelang pukul 14.00 WIB, petani memasuki wilayah Cirebon, Jawa Barat. Kedatangan petani langsung disambut 50-an aktivis GMNI Cirebon dan puluhan petani Cirebon.

“Pada intinya, kawan-kawan GMNI dan petani Cirebon sangat mendukung tuntutan kami. Mereka bilang, perjuangan kami menagih janji SBY terkait distribusi 8,5 juta hektar lahan itu mewakili kepentingan umum kaum tani Indonesia,” ujar Trianto.

Para petani dan aktivis GMNI pun menggelar mimbar bebas. Mereka mengajak rakyat Indonesia, khususnya di Cirebon, agar mendukung perjuangan menegakkan pasal 33 UUD 1945 dan UUPA 1960.

Dalam perjalanan melintasi wilayah Cirebon, petani Blitar banyak menerima dukungan dari rakyat di pinggir jalan. Bahkan, ada beberapa warga yang mengulurkan bantuan berupa beras, obat-obatan, mie instant, minyak goreng, dan telur.

Hingga hari ke-15, jumlah peserta long-march masih 112 orang. Namun, karena kondisi cuaca yang lebih banyak hujan, 20-an petani menderita penyakit deman dan flu.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut