Tiba Di Bekasi, Long March Petani Blitar Disambut Kaum Buruh

petani Blitar

Aksi jalan kaki (long march) petani Blitar, Jawa Timur, sudah memasuki daerah Bekasi, Jawa Barat, Senin (28/1). Para petani memasuki wilayah Bekasi sekitar pukul 17.00 WIB.

Begitu tiba di perbatasan, petani yang tergabung dalam Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPM) ini langsung disambut oleh 50-an aktivis buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Lalu, usai bersalam-salaman, petani Blitar melanjutkan aksi memasuki Bekasi dengan dikawal FSPMI. “Tadi kami disambut oleh kawan-kawan buruh dari FSPMI. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan solidaritas dari mereka,” kata koordinator FPPM, Trianto.

Para petani kemudian berjalan kaki menuju Omah Buruh, tempat berkumpul dan konsolidasi FSPMI, di kawasan industri EJIP Cikarang Selatan, Bekasi. Petani tiba di Omah Buruh sekitar pukul 23.00 WIB.

Petani pun langsung beristirahat. Selanjutnya, menurut Trianto, petani Blitar berencana akan menggelar diskusi dengan FSPMI.

Senin (28/1) pagi, petani memulai aksi jalan kakinya dari Sekretariat KASBI di Cikampek, Kabupaten Karawang. Dengan dikawal aktivis KASBI, petani Blitar memasuki kota Karawang menjelang siang hari. Kira-kira pukul 11.00 WIB.

Di bundaran kota Karawang, petani disambut oleh Serikat Petani Karawang (Sepetak), Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI), dan serikat buruh di Karawang.

Usai prosesi penyambutan, petani berjalan kaki ke GOR Karawang untuk beristirahat dan makan siang. Lalu, sekitar pukul 14.00 WIB, petani melanjutkan perjalanan ke Bekasi.

Sampai hari ke-19 ini, petani masih terus bersemangat untuk mencapai Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Menurut Trianto, begitu tiba di Jakarta, petani akan menggelar aksi massa di sejumlah kantor pemerintah, termasuk Istana Negara.

Petani akan menagih janji Presiden SBY terkait distribusi lahan seluas 8 juta hektar. Selain itu, petani akan menuntut pemerintahan SBY segera melaksanakan pasal 33 UUD 1945 dan UUPA 1960.

Ulfa Ilyas 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut