Tentang Kesetiaan dan Kecintaan Kepada Rakyat

THE LOST BLADESMAN

Sutradara : Alan Mak dan Felix Chong
Produksi : 2011
Penulis cerita : Alan Mak dan Felix Chong
Pemain : Donnie Yen, Jiang Wen, Betty Sun, dan Alex Fong

THE Lost Bladesmen adalah kisah tentang Guan Yu, seorang jenderal ahli pedang dalam sejarah tiga kerajaan di Tiongkok. Dia bukan hanya panglima perang yang sangat gagah perkasa dalam setiap pertempuran, tetapi juga seorang yang sangat memegang teguh kesetiaan, keberanian, dan kebenaran.

Cao-Cao (Jiang Wen) adalah seorang yang sangat bernafsu hendak menyatukan seluruh kerajaan tiongkok menjadi satu. Dalam sebuah peperangan melawan Yuan Shao, Chao-Chao meminta bantuan Guan Yu. Hanya dengan tiga puluh orang pasukan, Guan Yu berhasil menunaikan tugas itu dan berhasil membunuh Jenderal Yan Liang (Chin Siu-ho).

Atas keberhasilan Guan Yu itu, Cao-Cao bermaksud memberinya penghargaan dan sebuah jabatan. Sayang sekali, Guan Yu memilih untuk tetap setia dengan kakak angkatnya, Liu Bei (Alex Fong), yang juga merupakan salah satu musuh terbesar Cao Cao dalam peperangan.

Cao-Cao memberikan ijin kepada Guan Yu untuk pergi. Guan Yu akhirnya pergi dan sekaligus membawa pulang istri muda Liu Bei, Qilan (Betty Sun). Perjalanan pulang ini sangat dramatis dan sekaligus tragis. Qilan adalah wanita pujaan hati Guan Yu sejak lama, tapi dia tidak bisa menghianati kakak angkatnya. Akan tetapi, tanpa sepengetahuan Cao Cao, para penasehatnya telah memerintahkan kepada seluruh jenderal di wilayah yang dilewati oleh Guan Yu untuk membunuhnya.

Berkat kemampuannya dalam ilmu pedang, Guan Yu berhasil membunuh enam jenderal yang berusaha merintangi perjalanannya. Hingga, ketika sudah mendekati tempat Liu Bei, Guan Yu dan Qilan diserang oleh pasukan panah kerajaan Han. Lagi-lagi, berkat kehebatan dan kesaktian Guan Yu, pasukan panah itu berhasil dikalahkan. Ia bahkan berusaha membunuh sang kaisar, tetapi dihalangi oleh Cao-Cao.

Film garapan dua sutradara terkenal Alan Mak dan Felix Chong ini diangkat dari novel historis karya Luo Guanzhong, Romance of the Three Kingdoms. Dalam film Red Cliff (2008) karya John Woo, anda pun akan melihat tokoh Guan Yu di situ.

Donnie Yen, yang memerankan Guan Yu, tentu bukan orang asing bagi penggemar film Tiongkok. Donnie Yen pernah tampil sangat mengesankan ketika bermain dalam film IP Man dan The Legeng Of Chen Zhen. Dia adalah seorang aktor laga yang cukup bagus dan orisinil.

Dalam film ini, Alan Mak dan Felix Chong juga sukses menampilkan dua karakter yang sangat berbeda; Guan Yu sebagai seorang ahli pedang yang pemberani, setia, dan sangat mencintai rakyat, sedangkan Cao-Cao adalah seorang pemikir cerdas yang sangat pragmatis, licik, dan haus kekuasaan. Meskipun begitu, kedua orang ini dipersatukan oleh satu tujuan bersama: menyatukan bangsa.

Dalam film ini, anda juga bisa menemukan filosofi moral, meskipun terkadang kurang terjelaskan secara sempurna. Misalnya, dalam salah satu adegan diperlihatkan bagaimana Kaisar dan Cao-Cao turun langsung ke pertanian dan melakukan pekerjaan kasar. Lainnya, ketika Guan Yu dan Cao-Cao membahas soal larangan membuat arak sebagai salah satu langka menjaga ketahanan pangan kerajaan.

Film ini juga berusaha mengangkat sosok Guan Yu, yang di dalam peperangan terpaksa harus membunuh tentara musuh, tetapi sebenarnya adalah seorang yang sangat mencintai rakyat dan tidak menghendaki perang.

Meskipun begitu, dari segi penyusunan alur cerita, film ini akan sangat membingunkan bagi para pemirsa yang belum pernah membaca Romance of the Three Kingdoms atau mendengar tentang persaingan tiga kerajaan tersebut.

Dalam film ini, misalnya, tidak diceritakan bagaiman Guan Yu menjadi adik angkat dari Liu Bei. Selain itu, film ini terlalu terfokus pada karakter Guan Yu dan Cao-Cao, sehingga gagal untuk mengangkat kondisi dan situasi yang sedang terjadi saat itu.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut