Suluh

7069 views

Cerpen: Jika Perempuan Pulang Malam…

“Pak, saya nggak mau lagi …” “Nggak mau apa?” “Nggak mau lagi, kalau …” “Kalau apa? Ngomong saja, nggak apa-apa.” “Kalau …” Pak...

4368 views

Seni Jalanan Dan Revolusi Bolivarian

Seni bisa menjadi senjata politik yang ampuh. Di Venezuela, negeri yang satu dekade terakhir menjalani revolusi, seni punya...

5364 views

Cerpen : Kita Miskin, Salahkan Bala’ Nak!

Jumat, ya..mungkin benar omongan tetangga-tetanggaku disela obrolan harian kami:Jumat itu hari yang pendek, kalo tak hujan pasti panasnya...

5089 views

Menulis Sebagai Senjata Kaum Perempuan

“Malulah aku terhadap keangkaraanku, aku renungi dan pikirkan keadaanku sendiri, dan diluar sana begitu banyak derita dan kemelaratan...

3073 views

Indahnya Pemilu Presiden 2014

Tadinya tulisan ini mau saya beri judul ‘Seniman dan Pemilu Presiden 2014’, tapi setelah ditimbang-timbang judul tersebut kok...

10026 views

Lagu-lagu Indonesia Tentang Kereta Api

Lirik lagu yang ditulis oleh banyak seniman music, ide atau inspirasinya bisa dari manapun, mulai dari hal remeh-temeh,...

3131 views

Museum Peranakan Tionghoa di Tangerang

Sebuah museum untuk sebuah kota tentu sudah selayaknya agar warga kota bisa memahami masa lalu kota yang didiami...

11087 views

Perempuan di Tengah ‘Hujan Kepagian’

Hujan Kepagian melukiskan heroisme Tentara Pelajar dalam membela kemerdekaan Indonesia, 1945-1949. Demi tanah air dan masa depan generasi...

1661 views

MÁRQUEZ (1927-2014)

Saya pertama kali membaca “One Hundred Years of Solitude” dengan banyak mengernyitkan dahi. Ini novel yang mengguncang, bertenaga,...

4849 views

REDFLAG: Penjajahan Masih Berlangsung, Yo Bangkit Melawan!

Marilah kawan yo bangkit bersama Rebut hakmu yang dirampas Jangan biarkan mereka menjarah keringat petani di desa.. Hey...

5563 views

Ada Hanoman Di Pulau Kembang

“Mati lampu terus di sini tapi gak ada satupun politisi yang berani ngomong dengan jelas soal itu. Kami seperti orang...

3247 views

Satu Jam Bersama Heri Latief: Puisi Sebagai Alat Perlawanan!

Puisi sebagai alat anti penindasan rakyat. Itulah sebait puisi Erosi Ilusi karya Heri Latief, yang dibacakan dengan sangat...