Headlines  »  Suluh

Vokalis Band Rock Venezuela Terbaik Di Jajak Pendapat MTV

Jumat, 1 Juni 2012 | 13:15 WIB 0 Komentar | 62 Views

Venezuela, negara yang nun jauh di sana, terus saja menarik perhatian. Bukan saja proses revolusionernya, berikut kemajuan yang dicapainya, tetapi juga pada aspek-aspek lain yang kurang diperhitungkan orang.

Sebut saja musik rock. Venezuela jelas bukan kiblatnya musik rock dunia. Akan tetapi, di luar dugaan banyak orang, seorang vokalis band rock asal Venezuela tiba-tiba menarik perhatian banyak orang.

Namanya Paul Gillman. Ia dilahirkan di Caracas, Ibukota Venezuela, pada tahun 1960 dan sudah 30-an tahun menggeluti dunia musik rock. Ia punya grup band rock bernama Gillman. Band ini beranggotakan 5 orang: Paul Gillman, Luis Loyo, Rafael Agar, Roxana Herrera, dan Vicente Arcuri.

Nah, pada 26 Mei 2012 lalu, Paul Gillman dipilih sebagai vokalis metal pria terbaik sepanjang masa versi jajak pendapat MTV. Tentu saja, ini merupakan pengakuan terhadap musik Paul Gillman yang sudah 30-an tahun berkiprah di rock.

Gaya vokal Paul Gillman sangat dipengaruhi oleh suara vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson. Ia juga mengakun terinspirasi oleh Black Sabbath, Iron Maiden, dan Alice Cooper. Meski begitu, Paul Gillman menolak untuk mencontek penuh gaya musik rock anglo-saxon.

Ia pun menciptakan gerakan “Rock Nasional” Venezuela. Katanya, ia ingin menciptakan sebuah musik rock sendiri, yang sesuai dengan konteks Amerika Latin. Ia menciptakan musik rock yang menghargai negerinya dan juga mengadaftasi karya-karya musisi revolusioner Venezuela. Salah satunya adalah Ali Primera.

Ia banyak menyanyikan ulang lagu-lagu revolusioner Ali Primera. Tentu saja, dengan sentuhan rock dan vokal berat yang luar biasa.

Paul Gillman sendiri pendukung Chavez dan revolusi Bolivarian. Sebagai bukti komitmen revolusionernya, ia berusaha mengadaftasi lagu-lagu Ali Primera ke dalam rock, khususnya yang berjudul “Bangun Dalam Sejarah”, dan kemudian didistribusikan secara gratis ke seluruh negeri, bebas digandakan, dan nirlaba.

Bagi Paul Gillman, musik rock bisa menjadi kekuatan yang mengawal revolusi, terutama jika berhasil menarik sebagian besar kaum muda Venezuela yang menyukai musik rock ke dalam revolusi.

Sebelum Chavez berkuasa, Paul Gillman menjadikan musiknya sebagai alat kritik terhadap rejim sayap kanan yang korup dan neoliberal. Ia menyanyikan lagu-lagu yang sangat politis: “Latin American Repression,” “Unemployed,” dan “The Maggots of Power”.

Saat ini Gillman sedang merekam lagu berjudul “Batalla de Carabobo” (Pertempuran Carabobo)”, sebuah pertempuran menentukan saat perang kemerdekaan di tahun 1821 untuk membebaskan Venezuela dari kolonialis Spanyol. Carabobo juga menjadi nama organisasi elektoral Chavez untuk pemilu presiden 7 oktober mendatang.

RAYMOND SAMUEL

Tags: , , ,

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :