Sudah 12 Hari Buruh First Media Duduki Disnaker Tangerang

Puluhan buruh yang tergabung dalam FNPBI First Media masih bertahan di kantor Disnaker Tangerang. (Foto: www.bantenhits.com)

Puluhan buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPB) PT. First Media masih menduduki kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Tangerang, Jumat (24/5/2013). Aksi pendudukan ini sudah memasuki hari ke-12.

Sampai hari ke-12 ini, nasib buruh masing terkatung-katung. Akhirnya, dua orang perwakilan buruh menemui pihak Disnaker. Mereka mempertanyakan perkembangan kasus mereka yang sedang ditangani oleh pihak Disnaker.

Selain itu, para buruh mempertanyakan MOU outsourcing yang seharusnya diserahkan PT. First Media ke pihak Disnaker. “Pihak Disnaker mengaku sudah memegang MOU outsourcing itu,” kata Samsi, salah seorang buruh First Media.

Menurut Samsi, pihak FNPBI First Media sudah memasukkan surat ke pihak Disnaker Tangerang perihal permintaan salinan nota pemeriksaan terhadap PT. First Media. “Kami meminta Disnaker untuk membalas surat kami itu,” ujarnya.

Samsi mengungkapkan, pada hari Senin (27/5/2013) mendatang, kaum buruh akan mendesak pihak Disnaker membacakan MOU outsourcing di hadapan para buruh.

Hingga hari ini, para buruh masih bertahan dalam tenda aksi pendudukan di halaman kantor Disnaker Tangerang. Mereka mengaku tidak akan mundur sebelum tuntannya dipenuhi.

Untuk mengisi waktu, para buruh menggelar diskusi dan kursus ekonomi politik setiap malam hari. “Kami belajar filsafat dan ekonomi politik. Jadwalnya setiap pukul 22.00 WIB,” katanya.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut