SRMI Surabaya Gelar Pengajian

Pengurus Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Surabaya menggelar pengajian bersama jelang bulan suci Ramadhan (14/7/2012)
Pengurus Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Surabaya menggelar pengajian bersama jelang bulan suci Ramadhan (14/7/2012)

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kota Surabaya menggelar pengajian. Acara itu berlangsung di masjid Darussalam Krembangan, Surabaya (14/7/2012).

Selain dihadiri oleh anggota dan pengurus SRMI, acara ini juga melibatkan jemaah kelompok pengajian Kabut Teduh. Selain itu, acara ini juga diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh KH. M Qodar.

Yang menarik, penceramah juga menyinggung sejumlah persoalan bangsa, khususnya praktek korupsi yang merajalela. Salah satu kasus korupsi yang disorot adalah korupsi pengadaan Alquran di departemen agama.

Sementara itu, ketua SRMI Surabaya Kamaruddin Koto mengungkap persoalan pokok yang sedang dihadapi bangsa Indonesia, yakni imperialisme. “Kita sekarang bukan bangsa yang merdeka dan berdaulat. Kita sedang dijajah oleh imperialisme,” katanya.

Menurut Kamaruddin, islam pernah menjadi spirit dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme. Sebab, katanya, islam sangat menentang praktek kolonialisme dan imperialisme.

“Kolonialisme mengesahkan penghisapan bangsa atas bangsa. Kolonialisme dilandasi oleh keserakahan. Ini sangat bertentangan dengan islam,” kata Kamaruddin.

Acara ini juga dipergunakan oleh SRMI Kota Surabaya untuk mensosialisasikan profil dan program perjuangan organisasinya. Termasuk soal pendampingan bagi rakyat miskin yang terampas hak-haknya.

Laporan: Kamal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut