SRMI Sosialisasi Kesehatan Di Kelurahan Duri Utara

Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta menggelar sosialisasi kesehatan, termasuk Kartu Jakarta Sehat (KJS), di kelurahan Duri Utara, Kecataman Tambora, Jakarta Barat.

Acara sosialisasi ini, yang berlangsung di kantor Kelurahan Duri Utara, dihadiri oleh seratusan pengurus RT/RW se kelurahan Duri Utara. “Ini merupakan upaya untuk membuat warga bisa mengetahui dan memahami prosedur mengakses program kesehatan,” ujar Lurah Duri Utara, Agus Saputra.

Menurut Agus Saputra, sejauh ini pembagian KJS di wilayahnya sudah menjangkau 3000-an warga. Ia menyadari bahwa masih ada warga yang miskin yang belum mendapatkan KJS.

“Ya, nanti bapak-bapak ini (peserta sosialisasi) yang menyampaikan ke warganya masing-masing perihal KJS ini dan prosedur mendapatkannya,” ujar Agus Saputra.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Yudhita Endah Primaningtyas, mengatakan, salah satu kendala dalam pelaksanaan program KJS adalah minimnya tenaga kesehatan di masing-masing Puskesmas.

Selain itu, menurut Yudhita, data yang dipergunakan untuk pelaksanaan program KJS ini masih data lama, yakni tahun 2009-2011. Ia berharap partisipasi warga untuk mensosialisasikan program ini, khususnya ke rakyat miskin, agar bisa terdata dalam KJS.

Yudhita mengatakan, pihak Dinas Kesehatan dan PT. Askes akan terus melakukan evaluasi untuk memastikan program KJS ini benar-benar bisa diakses oleh warga DKI Jakarta.

Di tempat yang sama, Ketua SRMI DKI Jakarta M Setio Ajiono mengatakan bahwa kesehatan merupakan hak dasar setiap warga negara yang harus disediakan oleh negara.

“Seharusnya negara menciptakan sebuah layanan kesehatan yang berkualitas, yang bisa diakses oleh seluruh rakyat,” kata Aji.

Menurutnya, terkait program KJS, masih banyak warga miskin yang tidak mengetahui program ini dan kesulitan aksesnya. “Makanya kita membuat acara sosialisasi ini agar semua warga bisa mengetahui program ini dan tahu cara mengaksesnya,” kata Aji.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut