SRMI Makassar Tolak Penggusuran Pedagang

Graknas.jpg

Puluhan anggota Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) bersama pedagang di pinggir jalan Kapasa Raya menggelar aksi massa di kantor DPRD Makassar, Jumat (19/7/2013). Mereka menolak rencana penggusuran yang dilakukan oleh PD Makassar Raya unit Pasar Niaga Daya.

Dalam aksinya para pedagang mengungkapkan penolakan mereka terhadap rencana penggusuran. “Kalau kios kami dibongkar, kemana lagi kami harus menggantungkan hidup,” kata Hawaria, salah seorang pedagang di jalan Kapasa Raya.

Hawaria juga mengungkapkan, para pedagang sering mendapatkan ancaman dan teror agar mengosongkan kios. Tak hanya itu, ungkap Hawaria, pedagang juga kerap mendapat ancaman kekerasan dari pihak-pihak yang menghendaki mereka tergusur.

Sementara itu, Ketua SRMI Sulsel Muhamad Firdaus mengatakan, rencana penggusuran terhadap pedagang sangat sewenang-wenang. “Pemkot Makassar mestinya memastikan setiap warganya punya pekerjaan dan penghidupan yang layak. Ini kok malah mau menggusur seenaknya,” kata Firdaus.

Firdaus menganggap rencana penggusuran itu sangat tidak manusiawi dan mengabaikan hak ekonomi rakyat. Apalagi, penggusuran itu dilakukan di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran.

Di kantor DPRD Makassar, SRMI dan para pedagang diterima oleh seorang anggota DPRD dari Komisi B, Nurmiati. Ia mengaku tidak mengetahui adanya surat edaran yang mengatas-namakan DPRD dan menyetujui pembongkaran kios pedagang.

Menurutnya, Komisi B DPRD Makassar belum pernah mengambil keputusan yang menyetujui penggusuran tersebut. Selain itu, kata dia, sebagian besar anggota DPRD Komisi B sedang melakukan kunjungan keluar daerah. Ia berjanji akan membicarakan persoalan ini dengan anggota Komisi B DPRD Kota Makassar dan pihak PD Pasar Makassar Raya.

Karena tidak mendapat jaminan tidak akan digusur, pedagang dan massa aksi SRMI memutuskan melakukan aksi pendudukan. “Kami akan bertahan di sini sampai ada keputusan yang jelas, bahwa kami tidak digusur,” kata Hawaria, seorang pedang.

Githa Sari

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut