SRMI Jakarta Sosialisasi JPK-Gakin Di Kelurahan Duri Utara

Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) DKI Jakarta bekerjasama dengan pihak kelurahan Duri Utara, Kecamatan Tambora, Jakarta, menggelar sosialisasi Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK-Gakin).

Sosialisasi ini berlangsung Sabtu (15/4/2012) malam di Balai RW II Kelurahan Duri Utara. Hadir dalam acara sosialisasi ini Lurah Duri Utara, Agus Saputra, dan pengurus RT/RW se kelurahan Duri Utara.

Ketua SRMI DKI Jakarta, M Ajiono Setiono, mengatakan, acara sosialisasi semacam ini sangat penting mengingat masih banyak rakyat miskin yang kesulitan mengakses layanan kesehatan gratis.

“Banyak rakyat miskin yang tidak tahu program ini. Aparatus pemerintah juga malas mensosialisasikan program ini kepada massa rakyat,” kata Aji di hadapan seratusan warga dan pengurus RT/RW se kelurahan Duri Utara.

Akibatnya, kata Aji, banyak kasus pasien dimana miskin memilih terbaring sakit selama bertahun-tahun di rumah sendiri. Tidak sedikit pula kasus pasien miskin meninggal tanpa sempat tersentuh tenaga dokter.

Sementara itu, ketua Tim Advokasi SRMI Jakarta Barat Mukhtar membeberkan pengalaman SRMI mengadvokasi rakyat miskin. “Kalau tidak organisasi, tidak ada gerakan, maka rakyat susah mendapatkan hak-haknya,” katanya.

Ia mengatakan, dengan berorganisasi, rakyat miskin mendapat pengetahuan tentang apa-apa saja haknya dan bagaimana cara memperjuangkannya.

Selain itu, pak Mukhtar juga mengajak RT/RW lebih aktif dalam merespon tuntutan warganya, termasuk di bidang kesehatan. “Tiap RT/RW mestinya dibangun kader kesehatan. Nantinya, kader itu yang mendampingi warga untuk berobat di rumah sakit,” katanya.

Lurah Duri Utara Agus Saputra meminta agar pengurus RT/RW melanjutkan sosialisasi semacam ini ke warganya masing-masing. Ia juga berharap agar di tiap RT/RW dibentuk semacam sukarelawan pendamping rakyat.

Agus juga rela jika mobil dinasnya dipakai mengangkut pasien miskin ke rumah sakit. “Silahkan hubungi sopir saya, jikalau ada pasien miskin yang butuh diantar segera ke rumah sakit,” katanya.

Lurah Duri Utara ini juga mengajak SRMI melakukan pelatihan dan pendidikan mengenai kesehatan bagi warga miskin.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut