SRMI Garut Tolak Pembangunan Alfamart

GARUT: Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menganggap rencana pembangunan Alfamart  di desa Suka Senang, Kec.Banyuresmi, akan membunuh ekonomi rakyat di daerah tersebut, terutama kehancuran pasar rakyat (tradisional) dan pedagang kecil-kecilan.

Hal ini disampaikan saat siaran pers terkait rencana menyampaikan protes ini kepada pihak DPRD senin mendatang (25/9). “Kami akan menyampaikan protes ini secara langsung kepada pihak DPRD saat audiensi nanti,” ujar Ketua SRMI Garut M. Aip Rzq kepada wartawan.

Aip menjelaskan, Pemerintah seharusnya memberikan perlindungan terhadap ekonomi rakyat atau ekonomi kecil, sebagaimana yang diatur dalam UU nomor 9 tahun 1995 tentang perlindungan dan pemberdayaan usaha kecil, Kepres 112 tentang penataan dan pengembangan pasar tradisional, dan UU nomor 5 tahun 1999 tentang persaingan usaha.

Jika rencana pembangunan itu dilakukan, Aip menyakinkan bahwa, bukan hanya pedagang kecil yang akan terkena “kerugian” besar, tetapi juga para petani yang menjual hasil pertanian dan produsen kecil-kecilan, seperti UKM dan industri rumah tangga.

“Masyarakat umum akan kena dampak ini. Mereka akan mengeluarkan uang lebih lebih banyak untuk membeli barang kebutuhan pokok seperti beras, sayur, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Mengutip data yang diperoleh dari Euromonitor tahun 2004, hypermarket merupakan peritel dengan tingkat pertumbuhan paling tinggi (25 persen), koperasi (14,2 persen), minimarket (12,5 persen),independent grocers (8,5 persen), dan supermarket (3,5 persen).

Selain mengalami pertumbuhan dari sisi jumlah dan angka penjualan, peritel modern mengalami pertumbuhan pangsa pasar sebesar 2,4 persen per tahun terhadap pasar tradisional.

Untuk itu, SRMI akan mendesak pihak DPRD untuk menghentikan rencana menghadirkan Aflamart di tempat tersebut, dan meminta agar pemerintah memberikan dukungan anggaran dan sumber daya untuk memajukan pasar rakyat, sebagai tempat menampung seluruh hasil produksi masyarakat dan usaha kecil di Kabupaten Garut. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut