Solidaritas Ojek Online di Bali untuk Korban Gempa di Sulteng

Duka yang dirasakan oleh korban gempa di Palu, Donggala dan Sigi, di Sulawesi Tengah, menggugat empati dan rasa kemanusiaan puluhan driver ojek online di Bali.

Para driver yang tergabung dalam Paguyuban Transportasi Online (Patra) turut menggalang dana di sejumlah titik keramaian di Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Kami sebagai anak bangsa yang bekerja di Gojek mencoba membangun solidaritas dengan meminta bantuan masyarakat dengan menggalang donasi di jalanan,” kata Ketua Patra, I Putu Gede Mahendra, kepada berdikarionline.com, Senin (15/10/2018).

Menurut Mahendra, kegiatan yang melibatkan driver dari berbagai pangkalan ini dilakukan di sela-sela aktivitas mereka sebagai tukang ojek online.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, penggalangan dana yang dilakukan Patra untuk korban gempa Sulteng sudah dua kali. Yang pertama, pada Jumat (12/10) lalu, yang berhasil mengumpulkan dana Rp 3,5 juta. Sedangkan yang kedua, yang dilakukan pada hari Senin (15/10), berhasil mengumpulkan Rp 1,2 juta.

“Yang kedua ini tidak maksimal, karena dihentikan oleh pihak Satpol PP dan Linmas Kelurahan Legian. Padahal, kami sudah ijin ke Polda dan Polres,” kata sekretaris Patra, Izan Tantowi.

Izan mengatakan, para driver online yang tergabung dalam Patra akan terus menggalang dana untuk korban gempa di Sulteng.

“Kami berkoordinasi dengan teman-teman di Posko Menangkan Pancasila di Sulteng. Katanya, masih banyak korban gempa yang belum tersentuh bantuan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Patra adalah sebuah paguyuban para driver gojek dari sejumlah Pangkalan di Bali, seperti dari Pangkalan Dewi Sri, Pangkalan Swallow, Pangkalan GTT, Pangkalan The Post Man, Pangkalan D’ Bangser, Pangkalan G. Sepak, Pangkalan Godin (Gojek Wahidin), Pangkalan GMB (Generasi Muda Berkarya), dan lain-lain.

Selain menggalang dana di jalan, Patra juga mendirikan posko yang beralamat di Jalan Bakung Tempekan G. IVA No. 17, Denpasar. Posko ini siap menerima dan menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan lain-lain.

Sukir Anggraeni

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut