“Shuffle Dance” Dan Gairah Anak Muda

Anda pernah melihat video klip LMFAO pada lagu “Party Rock Anthem”? grup musik asal Amerika Serikat itu menampilkan sebuah tarian yang sangat menarik, menghentak-hentak, dan penuh gairah.

Tarian itu disebut “Shuffle Dance”. Konon, tarian ini bermuasal dari Melbourne, Australia. Ia sudah muncul di sana sejak tahun 1980-an. Gerakan dasar tarian ini bertumpu pada gerakan cepat pada tumit dan kaki.

Tarian ini mulai masuk Indonesia tahun 2006. Akan tetapi, mulai mewabah di kalangan anak muda pada setahun belakangan ini. Di Jakarta, grup-grup Shuffle berdiri di hampir semua sekolah (SMU dan SMP).

Komunitas “Shuffle Dance” berdiri di mana-mana. Ia melampaui kelas-kelas sosial yang ada. Sampai-sampai, “Shuffle Dance” ini banyak diperagakan di taman-taman, lapangan, dan pinggir jalan. “Shuffle Dance” menyerupai “tarian jalanan”.

Salah satu kelompok yang kami temui bernama “Giving Dance”. Kelompok ini beranggotakan sekitar 10-an orang. Sebagian besar adalah pelajar di SMP Negeri 15 Jakarta Selatan.

Ariel, salah seorang anggota Giving Dance, mengaku belajar Shuffle Dance secara otodidak. Hampir setiap hari, kira-kira jam 12 siang hingga malam, ia dan kawan-kawannya berlatih Shuffle Dance.

Hal serupa juga dialami Tiara, anggota Giving Dance lainnya. Ia mengaku bergabung dengan komunitas Shuffle untuk mengasah kemampuannya menari.

Selain itu, bagi remaja putri berusia 15 tahun ini, Shuffle Dance menjadi ajang untuk gaul dan “ngumpul bareng” dengan rekan-rekan seusianya.

Tiara, yang mengaku belajar Shuffle Dance secara otodidak, menjelaskan jenis-jenis gerakan tarian Shuffle, seperti  Liquid, Jumpstyle, Robotic, dan lain-lain.

RUSDIANTO

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut