Seniman, Penulis Dan Artis Mendukung Chavez

Hampir 2.400 kursi yang berada di ruangan Rios Reina gedung teater Teresa Carreño, di Caracas, tidak sanggup menampung para seniman, penulis, artis, penyair, dan intelektual yang sedang berkumpul dalam acara “Forum Patriotik”.

Minggu (27/5/2012) siang, para seniman, penulis, artis, penyair, dan intelektual itu menyatakan dukungan sebagai bagian dari “Kutub Patriotik Besar” (Great Patriotic Pole) dan sekaligus mendukung Hugo Chavez pada pemilu Presiden mendatang.

Koordinator nasional Great Patriotic Pole, Blanca Eekhout, menjelaskan, forum patriotik merupakan ruang pertemuan dan perdebatan untuk “mempertahankan tanah air” dalam seruan baru yang disebut “pertempuran Carabobo”—mengacu pada sebuah pertempuran dalam perang kemerdekaan Venezuela.

“Hari ini, semangat itu menyertai kita lagi. Chavez akan memimpin pertempuran untuk kemerdekaan yang sejati dan nyata, dengan membawa bendera Bolivar (sang pembebas Simon Bolivar) dan membawa kita menuju kemenangan menyakinkan,” katanya.

Great Patriotic Pole (GPP) merupakan aliansi yang mengumpulkan berbagai perhimpunan progressif, organisasi dan kelompok berbeda, meskipun mereka bukan pendukung Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PSUV), partai yang resmi mengusung Chavez dalam pilpres mendatang.

Dalam konteks ini, Kutub Patriotik dibagi dalam dewan yang berdasarkan teritori dan sektoral. Untuk teritorial, mereka bekerja di  semua level negara. Sedangkan sektoral bertugas mengumpulkan berbagai sektor rakyat di bawah naungan Kutub Patriotik.

Sampai saat ini, sudah ada 21 wilayah di bawah dewan teritorial dan 16 untuk dewan sektoral. Dewan sektoral ini mengcakup: sektor keturuan Afrika, orang cacat, lanjut usia, kaum perempuan, nelayan, petani, pemuda, keragaman seksual, pengrajin, sopir angkutan, ekologis, komunikator, organisasi komunitas, komunitas ekonomi, dan pejuang.

“Komandan kami, Chavez, tahu bahwa pertempuran ini memerlukan bala tentara dengan moral yang tinggi, berkesadaran penuh, berkomitmen, yakni komitmen untuk hidup dengan tanah air dan rakyat,” kata Eekhout.

Dia juga menenkan pentingnya partisipasi aktif para seniman, artis, intelektual, kreator, cultores (sebutan untuk seniman kerakyatan di Venezuela) dalam pertempuran ini, karena “mimpi akan tanah air yang sejati sedang ditenun dengan nyanyian, tulisan, puisi, musik, dan tarian.”

Selain itu, koordinator GPP ini juga mengajak agar blok kaum seniman bisa menjadi blok historis dalam mengalahkan hegemoni borjuis imperialis.

Sumber: AVN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut