Sekolah Kedokteran Amerika Latin (ELAM) Buka Pintu Untuk Masyarakat Adat

Tanggal 9 Agustus lalu, bertepatan dengan Hari Masyarakat Adat Sedunia, Sekolah Kedokteran Amerika Latin (ELAM) Dr. Salvador Allende membuat terobosan penting.

ELAM Dr. Salvador Allende, yang juga merupakan cabang dari ELAM di Kuba, menerima 134 perwakilan dari seluruh komunitas masyarakat adat di seluruh Venezuela.

“Kami ingin nanti kalian kembali ke rakyat anda dan memberikan layanan kesehatan kepada saudara-saudara anda. Itulah alasan utama anda disekolahkan di sini,” kata Wakil Presiden Venezuela, Jorge Arreaza, di Caracas, Jumat (9/8/2013).

Menurut Arreaza, melalui program ini, layanan kesehatan Venezuela bisa menjangkau teritori terpencil dan terisolasi, termasuk kawasan masyarakat adat.

Di ELAM Dr. Salvador Allende, seperti juga ELAM di Kuba, pendekatan utama pelajaran adalah bagaimana melayani komunitas. Para siswa akan diperkenalkan dengan sistem layanan kesehatan rakyat Kuba, yakni Medicina General Integral (MGI).

Di ELAM, prinsip utama yang diajarkan adalah, bahwa para dokter harus melayani rakyat tanpa pengecualian. “Prinsip kami adalah solidaritas. Kami harus berkontribusi untuk perbaikan kesehatan rakyat di seluruh dunia,” kata Direktur ELAM Dr. Salvador Allende, Sandra Moreno.

ELAM Dr. Salvador Allende, yang didirikan di era pemerintahan Hugo Chavez, terletak Filas de Mariches, di negara bagian Miranda. Sekolah Kedokteran ini diresmikan tahun 2007 lalu. Di ELAM, para mahasiswa tidak perlu dipusingkan oleh biaya, karena sekolah Dokter ini tidak memungut biaya sepeser pun.

Setelah mahasiswa tamat dari ELAM, mereka akan dikembalikan ke komunitas asal mereka untuk mengabdi. Di sana mereka akan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan melayani rakyat tanpa meminta imbalan.

Sekolah tinggi kedokteran ini telah menerima 500-an siswa perwakilan dari 42 negara di dunia. Selain perwakilan dari negara-negara Amerika Latin, ada pula perwakilan dari negara-negara Afrika dan Palestina. Di ELAM Dr. Salvador Allende ada puluhan pemuda Palestina yang sedang belajar ilmu kedokteran berbasis kemanusiaan.

Dr Salvador Allende sendiri adalah nama Presiden Chile (1970-1973). Sebelum menjadi Presiden, Allende adalah seorang dokter. Ia digulingkan oleh militer di bawah pimpinan Pinochet, dengan dukungan AS/CIA, pada 11 September 1973.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Farida Sepa Hanifa

    bagaimana mendaftarnya